Proyek Hambalang Tak Berubah Sejak 2006

Maket Proyek Hambalang
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kementerian Pemuda dan Olahraga membantah ada perubahan maket proyek pembangunan kompleks olahraga di Hambalang, Sentul, Jawa Barat. Sejak awal, proyek Hambalang diperuntukkan sebagai pusat pengembangan olahraga.

"Maket Hambalang sudah disetujui sejak 2006, dan sampai saat ini tidak ada perubahan," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Yuli Mumpuni, saat berbincang dengan VIVAnews, Senin 28 Mei 2012.

Yuli menjelaskan, proyek Hambalang ini sudah dimulai sejak 2003. Saat itu pula dilakukan penelitian dan memilih tanah di Hambalang. "Kemudian pada 2006, maket pendirian kompleks olahraga disepakati oleh menteri saat itu," ujarnya.

Mengenai anggaran, Yuli membenarkan bahwa anggaran awal proyek adalah senilai Rp125 miliar. Uang itu untuk pengurusan persiapan rancangan. Namun, anggaran total pembangunan tetap Rp1,2 triliun.

Yuli menjelaskan, sejak proyek ditentukan, Kemenpora langsung mengurus sertifikat tersebut. "Tapi sertifikat baru selesai pada 20 Januari 2010 dan kemudian langsung diterima Kemenpora," ujarnya.

Sebelumnya, mantan Menpora Adhyaksa Dault mengungkapkan proyek Hambalang pada awalnya bukan untuk pembangunan pusat olahraga. Melainkan hanya pembangunan sekolah olahraga.

"Rekomendasi awalnya, di sana hanya untuk bangun sekolah olahraga dua lantai dan saya tidak tahu bagaimana ceritanya berubah menjadi sport center," kata Adhyaksa saat berbincang dengan VIVAnews.

Adhyaksa mengungkapkan, untuk pembangunan sekolah olahraga itu sudah dianggarkan Rp125 miliar. Namun, pihaknya tidak dapat memulai pembangunan lantaran BPK meminta agar pembangunan dihentikan.

"Ada permintaan dari BPK agar tidak dibangun dulu karena belum ada sertifikat tanahnya. Dan karena ada permintaan dari BPK, maka saya minta tidak dilanjutkan dulu bangunannya," ujarnya.

Anggaran Rp125 miliar itu, lanjut Adhyaksa, pun sudah disetujui oleh Komisi Olaharaga DPR. "Namun belum dapat dicairkan lantaran ada catatan dari BPK tersebut," ujarnya. (umi)

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024