Marzuki: Tiada Alasan Interpelasi Grasi Corby

Schapelle Leigh Corby di Lapas Kerobokan Bali
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Melalui grasi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengurangi masa hukuman terpidana kasus narkotika, Schapelle Leigh Corby lima tahun. Keputusan itu menuai kontroversi.

Tak hanya , sejumlah politisi dikabarkan akan menggunakan hak interpelasinya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR RI, Marzuki Alie mengatakan tidak ada alasan kuat untuk mengajukan hak interpelasi atas keputusan Yudhoyono yang memberikan grasi kepada Corby. Sebab, pemberian grasi merupakan hak presiden.

"Kita lihat bahwa grasi itu adalah hak presiden yang diatur dalam konstitusi. Jadi kalau mau melakukan langkah-langkah politik dalam kaitannya dengan tugas pengawasan, saya tidak melihat alasannya," ujar Marzuki di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 28 Mei 2012.

Meski demikian, Marzuki menganggap wajar jika ada anggota DPR yang penasaran dengan alasan pemberian grasi tersebut. "Tentu itu haknya dewan untuk bertanya," kata dia.

Sebelumnya, Guru Besar Ilmu Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana berpendapat, pemberian grasi pada Corby  yang berjuluk "ratu mariyuana" itu berpotensi melanggar sumpah presiden. Dalam sumpah itu, presiden berjanji akan menjalankan undang-undang dan peraturan pelaksanaan selurus-lurusnya. Dalam hal ini ratifikasi United Nation Convention Againt Illicit Traffic In Narcotic Drugs and Psiychotropic Substance tahun 1988 dengan terbitnya UU Nomor 7 Tahun 1997.

Ia pun mendukung gugatan yang akan diajukan Granat. "Gugatan Granat ke PTUN bisa jadi penyelamat bagi Presiden untuk tidak melanggar sumpahnya. Pemerintah dapat menyerahkan pada putusan hakim apakah pemberian grasi Corby telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan rasa keadilan atau tidak," kata Hikmahanto. (umi)

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara
Sisterhood Modest Bazaar

Sisterhood Modest Bazaar, Berburu Baju Lebaran Hingga Menu Berbuka

Pada bulan Ramadhan dan menyambut datangnya Hari Raya, Modinity kembali hadirkan Sisterhood Modest Bazaar pada 27-30 Maret 2024 di The Hall, Senayan City

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024