Diburu KPK, Apa Peran Neneng di Kasus Nazar

Paspor istri politisi Demokrat M Nazaruddin, Neneng Sri Wahyuni
Sumber :
  • VIVAnews/Aries Setiawan

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan Neneng Sri Wahyuni sebagai tersangka korupsi proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Dugaan keterlibatan istri terdakwa suap Muhammad Nazaruddin itu terungkap dalam persidangan perkara tersebut dengan terdakwa Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Timas Ginting.

Dalam kasus ini, Timas telah divonis bersalah dan dihukum 2 tahun penjara serta denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan. Timas dinilai terbukti melakukan penunjukan langsung atas PT Alfindo Nuratama Perkasa dalam proyek pengadaan dan pemasangan PLTS di Kemenakertrans tahun 2008 yang menggunakan anggaran negara sebesar Rp8,93 miliar.

Hakim menilai tindakan Timas telah menguntungkan PT Anugerah Nusantara, perusahaan milik Muhammad Nazaruddin, Neneng Sri Wahyuni, Mindo Rosalina Manulang, dan Marusi Matondang, sebesar Rp2,92 miliar. Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas menyatakan, Neneng diduga menerima Rp2 miliar dari proyek itu.

Dalam perkara itu, diketahui peran Neneng adalah menghubungkan PT Alfindo dan PT Sundaya Indonesia sebagai perusahaan sub kontrak dalam proyek itu.

Muhammad Nazaruddin telah membantah istrinya terlibat dalam kasus korupsi tersebut. (umi)

Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar Tetap Kirim Doa untuk Sulawesi Utara
Viral Aksi Pengemudi Toyota Fortuner

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Aksi Pierre WG Abraham, pengemudi mobil Toyota Fortuner yang pakai pelat dinas palsu ditegaskan mencoreng institusi TNI.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024