Wakil Ketua DPR: Bom KBRI Paris Aneh

Priyo Budi Santoso dan Jusuf Kalla
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, meminta aparat keamanan Perancis menangkap pelaku bom di depan Kedutaan Besar RI di Paris. Dia juga menilai pengungkapan motif di balik serangan itu penting.

"Motif ini penting karena sampai hari ini menimbulkan pertanyaan. Aneh, karena hubungan kita dengan Perancis baik dan Indonesia relatif aman," kata Priyo di Gedung DPR.

Sebuah bom meledak di depan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Perancis, Rabu 21 Maret 2012 pagi. Tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, tapi bangunan KBRI rusak ringan.

Priyo juga menambahkan kasus ini tidak perlu dibesarkan. Publik Indonesia harus menyerahkan pengungkapan dan proses hukum atas kasus ini kepada kepolisian Perancis.

Sebelumnya, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Marciano Norman, dan Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa, menyatakan, aparat Kepolisian RI dan Kementerian Luar Negeri RI telah berkoordinasi dengan intelijen Perancis dan kepolisian setempat untuk mengamankan KBRI dan Warga Negara Indonesia di Perancis.

Marciano dan Natalegawa juga meminta semua pihak tidak buru-buru menyimpulkan ledakan itu memang ditargetkan kepada KBRI Paris. “Karena sebagai akibat dari ledakan ini, bukan saja KBRI Paris yang rusak, melainkan juga sejumlah gedung lain di sekitarnya. Oleh karena itu kami belum bisa memastikan apakah ledakan ini ditargetkan kepada KBRI Paris atau tidak,” kata Natalegawa.

Marciano menduga bom itu sejak awal tidak ditargetkan kepada KBRI Paris. “Saya tidak yakin karena Kedubes RI letaknya di pinggir trotoar, dan bom ini diletakkan di depan trotoar,” kata dia.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024