Anas Datang, Bendera Partai Demokrat Dibakar

Demonstran bakar bendera Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/RHA

VIVAnews - Massa mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Penggiat Revolusi membakar 6 buah bendera Partai Demokrat di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu petang 8 Februari 2012. Menurut para mahasiswa itu, aksi bakar bendera partai itu sebagai bentuk penolakan mereka atas kedatangan  Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum ke kota itu.

"Kami membakar bendera ini sebagai simbol seruan untuk memusnahkan koruptor termasuk partainya," kata Koordinator aksi, Reza Ashari saat berorasi. Aksi pembakaran bendera partai politik yang sukses mengusung Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden dalam dua pemilihan umum itu, digelar di bawah sebuah jalan layang.

Asap hitam membumbung tinggi setelah enam bendera dihanguskan demonstran. Tidak ada petugas yang mencoba mencegah aksi mahasiswa yang nekat membakar atribut partai berlambang berlian itu.

Aksi ini merupakan yang kedua setelah beberapa jam sebelumnya, pengunjukrasa membakar dua lembar foto Anas Urbaningrum. Penolakan kedatangan Anas ke kota itu, kata mereka, lantaran  mantan Ketua Umum PB HMI itu ikut terseret dalam kasus proyek wisma atlet yang menyeret M Nazaruddin, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat.

"Anas harus secara jantan mengakui jika memang bermasalah. Dia seharusnya tidak menghindar dari persoalan hanya dengan alasan menunggu proses hukum," ujar Reza lagi.

Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok

Tetap Dukung Anas

Menanggapi aksi penolakan Anas itu, kader Demokrat Sulawesi Selatan tetap menyatakan solid mendukung Anas sampai kepengurusannya berakhir. Dukungan disimbolkan dengan membubuhkan 1.000 tanda tangan di sebuah spanduk sepanjang 10 meter di Lapangan Karebosi.

Lokasi Lapangan Karebosi ini merupakan lokasi pelantikan pengurus Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrat Kota Makassar. Rencananya, Anas akan hadir memimpin upacara pelantikan.

Aksi pembubuhan tanda tangan ini merupakan dukungan moril terhadap Anas yang saat diterpa tuduhan korupsi wisma atlet. "Kami siap mengawal Pak Anas hingga masa kepengurusannya usai," kata Imran Yusuf, salah seorang pengurus Partai Demokrat Makassar, yang mempelopori aksi.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Anas dalam sejumlah kesempatan membantah keras terlibat dalam kasus suap yang mendudukan Nazaruddin sebagai terdakwa itu. Dia menegaskan siap membantu KPK mengungkap kasus ini.

Ilustrasi narkoba.

Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, Siapa Saja Mereka?

Menurut Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Ade Rahmat Idnal. Adapun penangkapan beberapa selebgram ini dilakukan kemarin malam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024