BK: Masalah Rumah Tangga Ruhut Harus Selesai

Ruhut Sitompul dan Anna Rudiantiana Legawati
Sumber :
  • VIVAnews/Syahrul Ansyari

VIVAnews - Anggota Badan Kehormatan DPR Fahri Hamzah menyatakan, permasalahan rumah tangga Ruhut Sitompul harus rampung. Sebagai badan yang mengurusi etika anggota DPR, BK akan berusaha menyelesaikannya.

"Kita kan dikejar terus dari istri beliau. Surat dari istri beliau berdatangan terus ke BK. Kalau nggak ada penyelesaian, ya BK akan dipertanyakan. Jadi kita harus melakukan penyelesaian," ujar Fahri di DPR, Rabu 8 Februari 2012.

Menurutnya, BK sudah memberikan teguran secara lisan kepada mantan pengacara itu. Sementara teguran melalui surat, akan disampaikan melalui fraksi Demokrat. "Ya mungkin hari ini dikirimkan," ucapnya.

BK, kata Fahri, tidak memberikan jangka waktu bagi Ruhut untuk menyelesaikan permasalahan rumah tangganya. Tapi yang pasti, BK memproses semua yang pengaduan yang terkait anggota dewan.

"Meskipun ada yang bisa diteruskan dan ada yang tidak, karena pengadu itu pasti diundang kan. Karena dalam satu tahun ini 23 kasus anggota yang tidak diproses karena yang mengadu tidak sanggup memenuhi panggilan atau membuktikan," jelasnya.

Kecuali, pengaduan Anna Rudiantiana Legawati terhadap Ruhut dicabut, BK pasti akan menutupnya. "Kalau pengaduannya belum dicabut berarti kasus itu masih ada, berarti kasus itu harus ada keputusan. Istrinya kan menunggu apa keputusan BK terhadap pengaduannya itu," tuturnya.

Terkait apakah ada pelanggaran etika terhadap permasalahan rumah tangga Ruhut, politisi PKS itu belum bisa menyebutkan.

Dikonfirmasi, Ruhut tak menampik bahwa dirinya pernah dipanggil oleh BK DPR. "Sudah aku terangkan. Dan mereka memahami kok," kata Ruhut.

Namun, menurut Ruhut, seharusnya BK tidak ikut campur dalam urusan rumah tangganya. "Untuk apa juga mereka ikut campur urusan rumah tangga orang lain. Mereka sudah tua ngasih masukan, ya aku ketawa aja," kata dia.

Dia tidak mempersoalkan teguran yang dilayangkan kepadanya. "Kalau dipecat atau di-recall baru masalah."

Masalah rumah tangga Ruhut mencuat ke publik saat istrinya, Anna Rudiantiana Legawati, melaporkan Ruhut ke Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Polri. Ruhut dilaporkan atas dugaan pemalsuan surat untuk menikah yang keduakalinya dengan seorang wanita bernama Diana.

"Saya menikah tahun 1998 di Sydney dengan Ruhut. Kebetulan kemarin tahun 2008 dia menikah dengan Diana dan mengaku jejaka," kata Anna di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Juli tahun lalu. (umi)

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0
RUPS PT Federal International Finance

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru

PT Federal International Finance (FIF) mengangkat Presiden Direktur baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024