Andi: Amir Syamsuddin Tukar Tempat

Andi Mallarangeng Optimis Menjadi Ketua Umum Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Tanda tangan pemberhentian Angelina Sondakh dari Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat merupakan tanda tangan terakhir Amir Syamsuddin sebagai Sekretaris Dewan Kehormatan. Amir kini masuk jajaran Dewan Pembina.

Menurut Sekretaris Dewan Pembina Demokrat, Andi Mallarangeng, pergantian Amir Syamsuddin dengan TB Silalahi yang merangkap Ketua Dewan Pengawas itu agar mengefektifkan kerja Dewan Kehormatan.

Alasannya, saat ditunjuk menjadi Sekretaris Dewan Kehormatan dulu, Amir Syamsuddin belum menjabat menteri. Maka itu, karena kesibukannya kini sebagai Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin diganti.

Lalu, mengapa Jero Wacik dan EE Mangindaan yang juga menteri tidak diganti di kursi Dewan Kehormatan? Saat ini, Jero Wacik menjabat Menteri ESDM, sedangkan EE Mangindaan dipercaya menjadi Menhub.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

"Pak Jero dan Pak Mangindaan posisinya anggota Dewan Kehormatan. Tapi kalau Pak Amir, Sekretaris Dewan Kehormatan. Itu operasional," kata Andi Mallarangeng dalam perbincangan dengan VIVAnews, Rabu 8 Februari 2012.

Andi melanjutkan, dengan tiga menteri di kursi Dewan Kehormatan, praktis ketiganya akan disibukkan dengan kegiatan di Kementerian. Apalagi posisi Sekretaris Dewan Kehormatan. "Karena itu dipandang perlu tukar tempat," kata Andi yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga.

Pergantian Amir Syamsuddin terkesan mendadak.  Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Ruhut Sitompul menyatakan pergantian Amir untuk penyegaran.

Ruhut menegaskan, tidak ada masalah apapun dengan kinerja Amir Syamsuddin di Dewan Kehormatan Demokrat. “Pergantian itu nggak ada kaitannya dengan apapun,” ujar Ruhut. (umi)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menlu Singapura Vivian Balakrishna

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Kedua Menteri tersebut optimis bahwa hubungan ekonomi Indonesia Singapura terus terjalin kuat melalui berbagai kerja sama bilateral yang potensial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024