POLITIK

Mengasong Contoh Surat Suara

Satu paket Rp 20 ribu. Dua paket Rp 30 ribu. Bila membeli Rp 100 ribu.

Selasa, 10 Februari 2009 | 09:11 WIB
Oleh : Siswanto
Mengasong Contoh Surat Suara
Surat Suara Pemilu 2009 (VivaNews/ Amatul Rayyani)

“Silakan, ini surat suara untuk sosialisasi. Penting untuk pemahaman calon pemilih,” kata Nuraeni, alumni Institut Pertanian Bogor Jurusan Kehutanan. Dia bicara dengan kader-kader Partai Demokrat yang hilir mudik di lobi Pekan Raya Jakarta.

Minggu 8 Februari 2009 merupakan hari pertama Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat. Forum rapat itu berlangsung selama dua hari di sana.

Beberapa calon legislator tertarik. Mereka mendekat ke Nuraeni yang berdiri sambil membentangkan kertas suara berukuran 54 x 84 sentimeter. “Ini dijual atau gratis,” kata Mikha Runawery, calon legislator dari daerah pemilihan II DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Serui, Papua.

Nuraeni mengatakan kertas suara ini bukan dibagi gratis, melainkan dijual. Satu paket Rp 20 ribu. Dua paket Rp 30 ribu. Bila membeli Rp 100 ribu, akan diberi tujuh paket.

Mikha dan sejumlah calon legislator yang berkumpul mengelilingi Nuraini banyak bertanya tentang barang itu. Nuraeni menjelaskan alasan harus memiliki contoh surat ini.

Fungsi contoh surat untuk sosialisasi. Bila memilikinya, calon legislator dapat mengenalkan bentuk surat. Lalu bagaimana memberi tanda ketika pemungutan suara. Persiapan dini ini penting, kata Nuraini. Mengingat pemilihan legislatif 2009 ini beda dengan pemilihan sebelumnya.

Isi surat yang digunakan tahun ini terdiri puluhan partai. Di tiap kolom tercantum ratusan nama calon anggota legislatif. Penampilan surat model baru ini dapat menyulitkan konstituen. Karena itu, kata Nuraeni, mereka betul-betul harus disiapkan jauh hari.

Apalagi, untuk menandai surat tidak sesederhana pemilu 2004. Waktu itu orang tinggal menyoblos gambar partai. Tapi, sekarang ini harus memberikan tanda contreng dua kali. Yaitu di gambar partai dan nama kandidat.

“Ini untuk investasi, pak. Bila bisa masyarakat siap mesti sejak awal disosialisasikan,” kata Nuraeni.

Nuraeni juga menjelaskan surat suara di pemilihan nanti semua dilipat lima kali. Dia menunjukkan kepada para calon legislator trik membuka lipatan. Teknik yang diperagakan Nuraeni tidak sembarangan. Karena ada rahasia cara membuka kertas sekaligus menemukan kolom Partai Demokrat.

Nuraeni mengatakan teknik itu dapat diajarkan ke masyarakat. Dengan begitu mereka mudah menemukan letak Partai Demokrat.

                                              

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
    TERPOPULER
    File Not Found