Demokrat: Ruang Baru Banggar Coreng DPR

Ruang Rapat Baru Banggar
Sumber :
  • Nila/ VIVAnews.com

VIVAnews -- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Saan Mustofa, mengatakan, pembangunan ruang rapat Badan Anggaran yang mencapai Rp20 miliar kurang wajar.

"Kalau misalnya biaya pemeliharaan, ruang rapat tidak harus mewah," kata Saan di Gedung DPR, Jumat 13 Januari 2012.

Saan juga meminta agar Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat yang khusus menangani masalah fasilitas di DPR bisa menyampaikan transparasi dana pembangunan ruang rapat itu. "Karena memang ini hampir tidak ada yang tahu dan tiba-tiba sudah jadi, Sekjen katakan itu atas permintaan Banggar bisa dilihat dari risalah rapat kan terdokumentasi bisa dilihat," kata dia.

Menurut Saan, pembangunan ruang rapat dengan biaya besar seharusnya disampaikan terlebih dahulu kepada DPR. Hal ini, kata Saan agar DPR bisa memberi masukan kepada Sekjen mengenai dana tersebut.

Ketidak tahuan DPR mengenai biaya pembangunan yang cukup besar itu, kata Saan justru berimbas pada citra buruk anggota DPR. "Ya itu yang Sekjen tak bisa pahami apa yang dilakukan kesekjenan itu berimbas pada DPR, tiba-tiba DPR sudah dicaci ini membuat kredibilitas DPR makin buruk," kata dia.

"Belum kelar toilet sudah ada lagi awal tahun ini awal yang tidak baik bagi DPR apapun yang dilakukan kesekjenan berimplikasi pada kredibilitas dan reputasi DPR, seharusnya kita menjaga itu bersama," lanjut Saan.

Saan juga mendesak sekjen untuk merinci anggaran yang digunakan untuk membangun fasilitas di DPR. "Rincian anggaran nggak ada yang rahasia negara anggaran yang harus dikeluarkan itu bisa," kata dia.

Sebelumnya, Sekjen DPR, Nining Indra Saleh mengatakan, pembangunan ruang rapat Badan Anggaran ini dilakukan karena banyak anggota DPR yang mengeluh karena kurangnya pencahayaan, sehingga mengganggu kegiatan mereka.

"Kalau itu permintaan anggota dari mana pimpinan DPR saja nggak tahu dan ketua DPR aja kaget ini yang menurut saya harus diperbaiki," kata Saan. (ren)

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran
Divisi Humas Polri menggelar buka puasa bersama wartawan

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Divisi Humas Polri bersama wartawan menggelar acara buka puasa bersama di kantor Divisi Humas Polri pada hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024