POLITIK

DPR: Tank Pindad Lebih Bagus dari Leopard

"Kenapa tidak dikembangkan saja produk anak bangsa, murah, dan cocok itu."

ddd
Kamis, 12 Januari 2012, 15:58
Tank Tempur Pindad
Tank Tempur Pindad (imageshack.us)

VIVAnews -- Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanuddin, menyatakan tank Leopard buatan Jerman tidak cocok digunakan di Indonesia.

"Tank Leopard ini di Indonesia tidak mungkin, dilihat secara geografis dan karakter medan, sulit di Indonesia mengunakan tank itu," ujar Tubagus di DPR RI, Jakarta, Kamis 12 Januari 2012.

Menurut Tubagus, memang tank Leopard merupakan jenis persenjataan darat yang didukung teknologi canggih, jarak tembak sampai 6km (tank pada umumnya hanya sampai 4km), namun tidak tepat jika digunakan sebagai alat perang di Indonesia. "Tank Leopard cocoknya memang untuk padang luas, di gurun. Kalau di sini, mau dipakai untuk apa dan di mana?" kata Tubagus.

Namun, Tubagus menegaskan, Komisi I DPR tidak melarang keinginan pemerintah memodernisasi perlengkapan alutsista. Hanya saja, menurutnya alutsista tersebut sebaiknya yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

"Kami di Komisi I setuju jika pemerintah mau beli perlengkapan canggih untuk alutsista, tapi  seharusnya yang cocok," kata Tubagus.

Hingga saat ini, lanjut Tubagus, pemerintah belum pernah menyinggung rencana pembelian tank Leopard tersebut. Komisi I baru mendengar kabar pemerintah berniat membeli tank Leopard bekas milik Belanda dari pemberitaan di media.

"Kami belum pernah diajak bicara khusus oleh pemerintah bahwa akan membeli tank Leopard. Kami baru banyak mendengarnya  pers," kata Tubagus.

Menurut Tubagus, pemerintah mestinya konskuen dengan rencana awal untuk memperkuat alutsista. "Presiden pernah instruksi tahun 2008 ke Pindad untuk melakukan riset dan membuat prototipe tank tipe medium 23 ton, sekarang itu sudah jadi dan bisa digunakan. Tank tipe medium bikinan Pindad itu lebih cocok. Kenapa tidak dikembangkan saja produk anak bangsa, murah, dan cocok itu," kata Tubagus.

Soal rencana pembelian tank Leopard mencuat pasca pemberitaan, Parlemen Tweede Kamer telah menolak permintaan Kementerian Pertahanan Belanda untuk menjual tank Leopard ke Indonesia. Dalam mosi penolakan parlemen, mereka mengatakan tidak ingin terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang kerap terjadi di Indonesia.

Seperti diberitakan Radio Nederland Siaran Indonesia, Rabu 14 Desember 2011, mosi penolakan awalnya diajukan oleh Partai Kiri Hijau (Groenlinks). Dari seluruh anggota parlemen, hanya dua partai yang menentang penolakan, yaitu partai CDA (Kristen Demokrat) dan VVD (Liberal Konservatif).



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
ilhampalkon
01/04/2012
DPR kau sok tau...,lebih baik kau jangan urusin MENHAN DAN TNI,karna kau hanya ngerti urusan tu TOILET dasar LOL...
Balas   • Laporkan
pras57
30/01/2012
headline beritanya seharusnya tank pindad lebih cocok dari leopard. kalo bikin headline lebih hati2 karena bisa menimbulkan presepsi yg berbeda.
Balas   • Laporkan
6406
21/01/2012
kepada DPR yang terhormat sebaiknya anda jangn terlampau SOK TAHU !untuk masalh alutsista percayakan saja sama usernya (TNI) jd ga usah sok komplent ini itu ga cocok,!buktinya negara kecil kaya singpura punya puluhan leopard kenapa indonesia tidak !!?
Balas   • Laporkan
andra1
20/01/2012
DPR sok tahu, light tank itu bobotnya aja cuma separohnya, senjatanta juga kalibernya kecil kalau MBT Malaysia masuk ditembak cuma bunyi cling, leopord pilihan yang realistis pupung murah, jangan sok tahu.
Balas   • Laporkan
t0fu | 20/01/2012 | Laporkan
itu panser bkan tank om DPR wa sok tau DPR
error_bandit
19/01/2012
heh tb hasanudin dulu sana!!!
Balas   • Laporkan
error_bandit
19/01/2012
DPR apa ceperan dari "OBAT KUAT, KALENDER, PEWANGI, KURSI IMPOR, TOILET, dlllll" belum cukuppp apa????? heh rakyat! dengerin omongan DPR sama aja dengerin omongan!!!
Balas   • Laporkan
mns81
18/01/2012
aneh.... orang gak ngerti teknologi pertahanan bisa jd wkl ketua komis I DPR yg membidangi pertahanan, gmn dg strategi pertahanan,,... bener2 gelap...payah full.
Balas   • Laporkan
mas_brow
18/01/2012
hahahaha.. liat gambar diatas yg berformat Gif bikin ketawa.
Balas   • Laporkan
mns81 | 18/01/2012 | Laporkan
bener2 bikin ketawa mas.... sampe mencret
exocet
18/01/2012
ini DPR koq asal ngomong doank kayak anak TK gx tau apa apa... uda jelas pindad belum bisa bikin MBT.. pindad baru hanya bisa bikin light tank itupun sebatas prototype.... makanya indonesia perlu beli MBT agar bisa dipelajari teknologinya....
Balas   • Laporkan
brotherhood87
18/01/2012
sumpah DPR ini terlalu percaya diri...Pindad cuman baru bisa bikin prototype light Tank..itupun kiriman dari Turki yang berencana bekerjasama dng pindad...DPR sok tahu..buat WC DPR aja anggaranya hampir dpat brapa Tank Leopard..mending perang pakai WC DPR
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog