KPU Incumbent Tak Boleh Ulangi Kesalahan

anggota KPU I Gusti Putu Artha
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Partai Gerindra tidak mempermasalahkan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang kembali mencalonkan diri sebagai komisioner untuk periode yang akan datang. Namun, ada catatan yang harus ditekankan kepada para calon incumbent tersebut.

"Syarat utamanya, calon incumbent itu tidak mengulangi kesalahan-kesalahan KPU padaPemilu 2009," kata Ketua Umum Gerindra, Suhardi, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Selasa malam 10 Januari 2012.

Nama-nama anggota KPU yang mencalonkan diri kembali itu adalah I Gusti Putu Artha, Sri Nuryanti, dan Saut Hamonangan Sirait. Nama Putu Artha dan Saut Sirait berada di antara 106 nama calon yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Mereka berhak melaju ke tahapan seleksi selanjutnya, yaitu tanggapan masyarakat terhadap para calon ini.

Suhardi mengatakan, dalam penyelenggaraan Pemilu 2009 itu banyak terjadi kekurangan. KPU periode itu disorot oleh banyak pihak dan dituding tidak sukses menyelenggarakan pemilihan umum, baik legislatif maupun presiden dan wakilnya. Pemilu 2009, menurut dia, dikatakan amburadul oleh banyak pihak.

"Tahapan demi tahapan seolah dipermasalahkan banyak pihak, mulai masalah daftar pemilih tetap, berbagai kecurangan saat pelaksanaan pemilihan, hingga rekapitulasi suara," kata dia.

Namun, dia melanjutkan, masih ada segi positifnya jika komisioner-komisioner lama itu nantinya terpilih kembali. "Mereka telah melewati masa-masa krisis dengan penyelenggaraan pemilu yang sangat tidak bagus. Pengalaman itu diharapkan menjadi bahan untuk memperbaiki sistem yang buruk itu. Dengan catatan mereka jujur dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan itu lagi dalam Pemilu 2014," ujar Suhardi.

Selain itu, Suhardi menambahkan, calon-calon incumbent tersebut bisa langsung memahami sistem penyelenggaraan pemilu jika dibandingkan dengan orang-orang yang masih baru. Mereka tak perlu banyak waktu untuk mempelajari proses penyelenggaraan pemilu. "Kalau orang baru nanti akan terlalu lama belajarnya, sehingga bisa mempengaruhi persiapan pemilu juga," katanya.

Selain 106 orang lolos dalam seleksi anggota KPU, tim seleksi juga mengumumkan 61 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Tim seleksi kini menunggu masukan dan tanggapan masyarakat terhadap calon yang lolos mulai 10 Januari hingga 16 Februari 2012.

Tak Kunjung Ketemu dengan Nikita Mirzani, Lolly Singgung Memperbaiki Diri

Penetapan anggota KPU dan Bawaslu akan dilaksanakan pada awal April 2012. Sementara itu, pelantikan dijadwalkan pada 9 April 2012. (art)

Daniel Mananta

Istri Dicopet hingga Barang Berharga Raib, Daniel Mananta Pilih Maafkan Pelaku

Kamera CCTV mengabadikan tindak pencurian itu, videonya kemudian diunggah Daniel Mananta ke Instagram pribadinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024