Anggota FPDIP Budiman Sudjatmiko

Di Mesuji, "Rakyat Bersatu Angkat Bedil"

Budiman Sudjatmiko, politikus PDIP dan anggota Komisi II DPR.
Sumber :
  • Antara/ Benny S Butarbutar

VIVAnews - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko menginterupsi sidang paripurna DPR. Budiman mengaku memiliki bukti selongsong peluru dalam kasus sengketa tanah di Mesuji, Lampung dan Sumatera Selatan, dan kasus bentrokan demonstran dan polisi di Bima, Nusa Tenggara Barat.

Budiman menegaskan, saat ini tengah terjadi revolusi pedesaan. "Apa yang terjadi di Mesuji adalah Ratu Adil, yaitu 'Rakyat Bersatu Angkat Bedil'," kata Budiman dalam interupsi sidang paripurna di gedung DPR, Jakarta, Senin 9 Januari 2012.

Budiman mengaku sudah mengunjungi para petani di Mesuji, dan para korban bentrokan di Bima, Nusa Tenggara Barat. Menurut Budiman, persoalan yang baru mencuat di dua daerah itu sebenarnya sudah berlangsung sangat lama. Yakni, kasus agararia.

Dari temuan yang didapat, kata Budiman, kedua kasus itu memiliki pola sama. Ada dugaan penyelewengan hak usaha yang disebabkan dugaan korupsi.  "Saya juga bawa foto korban penganiayaan dengan leher terkoyak dan terpotong di Mesuji," kata anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah VIII (Banyumas dan Cilacap) ini.

Budiman melihat, kasus ini dipicu karena adanya tumpang tindih otoritas. Padahal, banyak sekali kasus sejenis di pedesaan Indonesia. Sebagian besar kasus terjadi karena adanya klaim sepihak dari pihak Kehutanan.

"Padahal belum ditetapkan oleh Undang-Undang apakah itu wilayah hutan atau tidak. Juga swasta, ini ada 33.000 desa," ujar politisi lulusan Ilmu Politik di Universitas London, dan Master Hubungan Internasional di Universitas Cambridge, Inggris, ini.

Arus Balik Lebaran 2024, Jasa Marga Catat 471 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek
Gedung konsulat Iran yang hancur di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024.

Rudal dan Drone Iran Hujani Tel Aviv, Israel Bisa Lewati Ujian Dibantu AS-Inggris

Iran buktikan ancamannya menyerang Israel sebagai aksi balasan terhadap insiden teror gedung Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, awal April 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024