BPK Masih Punya PR Lain dari Kasus Century

bpk serahkan hasil audit bank century ke dpr
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan pembengkakan dana talangan Bank Century disebabkan tindakan manipulasi sebelum langkah penyelamatan dilakukan. Saat ini, BPK terus berupaya mengungkap kemana aliran dana tersebut.

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

"Pertanyaannya apakah ada orang yang mengambil yang bukan haknya? Disitulah kami mencari," jelas Wakil Ketua BPK, Hasan Bisri, saat jumpa pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 23 Desember 2011.

Hasan menjelaskan, selama ini informasi mengenai aliran dana talangan Century sudah banyak dipaparkan kepada publik. Mulai dari pembayaran fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) Bank Indonesia, pembayaran deposito masyarakat, BUMN/BUMD, penyimpanan di BI, cadangan kas, hingga simpanan antar bank.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

BPK, ujar Hasan, terus berupaya mengembangkan penelusuran dana terkait kasus Bank Century. Data awal yang berasal dari PPATK, bisa dijadikan lembaga auditor negara ini sebagai informasi tambahan.

Menurut Hasan, temuan yang diperoleh BPK lebih banyak  dibandingkan dengan informasi yang berasal dari PPATK. Bahkan informasi yang diperoleh sebagian besar berasal dari penelusuran BPK sendiri.

Ditambahkannya, BPK juga telah mengecek ulang dan menggelar audit lapangan terhadap laporan yang diterimanya. Namun, memang dalam proses ini kerap terkendala permasalahan.

"Saya tegaskan kami berani menulis berarti kami telah mengecek ulang dan audit sesuai dengan prosedur yang kami pandang perlu dan sesuai standar yang kami miliki. Sampai ke rekening semuanya ada, nomor, nama ada di kami. Hanya karena ketentuan UU maka kami harus menggunakan inisial dan tidak menyebut rekening disitu karena ini ada kode etiknya. Dan ada 33 bank lain yang kami masuki. Jadi ini bukan pekerjaan sederhana," ujar Hasan. (umi)

Eko Patrio

Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Eko Patrio menggelar acara Halal bihalal di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024. Eko mengundang sederet artis dan komedian senior.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024