Tim Audit Forensik Century Tak Bersertifikat?

bpk serahkan hasil audit bank century ke dpr
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Anggota Tim Audit Forensik BPK yang menghasilkan Laporan Hasil Audit Investigatisi Lanjutan Atas Kasus Bank Century dikabarkan tidak memiliki kualifikasi sebagai auditor forensik.

Menurut sumber VIVAnews.com, tim audit yang terdiri dari I Nyoman Wara, SE, Ak. (Penanggung Jawab Audit Forensik), Novy Gregory Antonius Palenkahu, MBA, Ak. (Wk. Penanggung Jawab Audit Forensik), dan Harry Purwaka, SE, MSF, Ak. (Wk. Penanggung Jawab Audit Forensik), tidak mempunyai sertifikat CFE (Certified Fraud Examiner).

Seorang CFE adalah seorang spesialis dalam mencegah dan memberantas kejahatan perbankan (fraud). sertifikat CFE merupakan sebuah pengakuan dengan standar tertinggi dan memiliki keahlian dalam semua aspek dari profesi anti-fraud.

"Adalah mengherankan apabila dalam penugasan audit forensik aliran dana bailout Bank Century Tbk. ternyata Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menugaskan auditor dengan kualifikasi biasa dan tidak mempunyai kualifikasi sebagai Auditor Forensik," kata sumber VIVAnews.com, Jumat, 23 Desember 2011.

Sumber yang tak mau disebutkan namanya tersebut mengatakan tim audit yang ditunjuk tidak boleh sembarangan dan harus memiliki kualifikasi. Alasannya, aliran dana tersebut membutuhkan auditor dengan keahlian di bidang khusus bersertifikasi CFE.

Tudingan bahwa tim audit forensik Bank Century tidak memiliki sertifikat CFE (Certified Fraud Examiner), dibantah BPK.  Ketua BPK, Hadi Purnomo, memastikan bahwa  institusinya memiliki 21 orang bersertifikat CFE dan sebanyak tiga dari lima orang anggota tim telah memiliki sertifikat itu.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

"BPK mempunyai tenaga CFE 21 orang dan kerja disini lima orang. Yang tidak punya dua orang," kata Hadi.

Sanggahan serupa juga disampaikan Wakil Ketua Penanggung Jawab Audit Forensik, Novy Gregory Antonius Palenkahu. “Tidak benar itu. Kami semua punya itu. Coba kamu cek saja sendiri,” terangnya. (umi)

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024