Data Calon Tetap Divalidasi Ulang

Banyak Calon Legislator Jadi PNS

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum masih melakukan finalisasi data calon tetap. Pertemuan KPU dengan partai peserta Pemilu minggu lalu belum memadai untuk memvalidasi rancangan surat suara yang akan dicetak. Sebagian partai ada yang belum memberikan tanda tangan.

"Kemarin partai-partai yang nggak tanda tangan validasi itu mungkin karena mereka nggak bawa daftar calon tetapnya," kata Andi Nurpati Baharudin, komisioner KPU, usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat di gedung parlemen, Jakarta, Senin, 2 Februari 2009.

Data calon itu perlu disesuaikan lagi, kata Nurpati, karena sebagian besar ada yang mengundurkan diri, meninggal, dan ada juga yg diberhentikan oleh parpolnya. "Paling banyak di daerah. Mereka banyak yang lulus tes penempatan pegawai negeri sipil," lanjutnya. Lalu mereka pun mengundurkan diri sebagai calon.

"Hal itu tentu saja mengganggu proses validasi sebelum pencetakan kertas suara," tambah Nurpati.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024