Obama, Lagi Presiden AS yang Kidal

VIVAnews - Presiden AS Barack Obama yang kidal, semakin memperkuat asumsi bahwa orang-orang kidal diasosiasikan sebagai orang-orang luar biasa. Kidal adalah orang-orang yang menulis dan lebih terampil melakukan sesuatu dengan tangan kiri dibanding tangan kanan.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Mengacu pada data akademis terkemuka di Inggris, orang-orang kidal cenderung hebat di bidang musik dan matematika. Tapi tak ada bukti statistik yang menyebutkan bahwa mereka juga hebat di bidang lain, seperti politik.

Chris McManus, professor psikologi dan pendidikan medis di University College London memaparkan data bahwa empat dari tujuh Presiden AS terakhir adalah kidal.

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

“Bila kita lihat Presiden Amerika secara keseluruhan, atau Perdana Menteri Inggris, atau Presiden Perancis, atau Kanselir Jerman, tak berlebihan rasanya bila para kidal adalah orang-orang hebat,” kata McManus seperti dikutip Times Online.

Meski di sisi lain para kidal beresiko lebih tinggi diatas rata-rata menderita autism, disleksia, gangguan mental dan kecelakaan. Bahkan survey kesehatan menunjukkan data mereka juga cenderung mati muda.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

McManus, penulis populer buku sains Right Hand, Left Hand menyebutkan para kidal adalah kelompok minoritas paling akhir yang terabaikan. McManus menyebutkan sungguh keji bahwa mesin-mesin berbahaya dibuat hampir seluruhnya untuk para non kidal, dan belakangan ditulis di Jurnal Medis Inggris, bahwa operasi orang-orang kidal ditangani dengan buruk.

Tapi McManus yakin bahwa komunitas para kidal sudah bergerak untuk mempromosikan diri lebih jauh untuk menunjukkan betapa berbakatnya mereka.

“Mereka mengklaim Bob Dylan dan Picasso adalah kidal, tapi ini adalah mitos kaum urban. Beberapa kebaikan yang ditunjukkan oleh para kidal tanpa bukti soal para kidal lebih berbakat secara umum,” lanjutnya.

Meskipun begitu, ada sederet nama besar lainnya dalam sejarah dunia yang tercatat sebagai orang kidal, selain Obama. Diantaranya adalah, Napoleon Bonaparte, Fidel Castro, Thomas Jefferson, Neil Armstrong and Buzz Aldrin, Joan of Arc, Julius Caesar, Alexander the Great, Aristotle, Pangeran William,Winston Churchill, Henry Ford, Leonardo da Vinci, Charlie Chaplin, Robert de Niro, dan Osama bin Laden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya