Muhaimin Ingin Pemilu 2014 Tak Seperti 2009

Menakertrans & Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengharapkan segala hiruk pikuk akibat perubahan sistem pemilu pada 2009 tidak terulang di 2014. Pada 2009, partai harus menyesuaikan diri menerima perubahan aturan secara mendadak.

"Pemilu 2009 bagi PKB adalah yang sangat berat," ujar Muhaimin dalam sambutan saat membuka diskusi bertajuk 'UU Pemilu yang Proporsional dan Berkeadilan' di DPP PKB, Jakarta, Minggu 9 Oktober 2011.

Menurut dia, pemilu 2009 berat karena posisi PKB saat itu sedang mempersiapkan calon legislatif dengan sistem nomor urut. Namun, nomor urut menjadi tidak berlaku karena Mahkamah Konstitusi memutuskan pemilu dilakukan dengan sistem suara terbanyak atas uji materi UU Pemilu.

"Berat. Aturan begitu rumit, dua bulan menjelang pemilu MK menyatakan sistemnya adalah suara terbanyak. Padahal, PKB siapkan calegnya dengan sistem nomor urut," kata Muhaimin.

Perubahan sistem yang mendadak membuat PKB cukup repot dan lelah menyesuaikan diri menghadapi pemilu. Ternyata, usai pemilu, persoalan penghitungan kursi yang tidak jelas pun turut menyita perhatian.

"Cara penghitungan kursi itu bisa beda-beda versi antara KPU, MK, dan MA," kata Muhaimin.

Oleh karena itu, Muhaimin berharap pemilu 2014 dapat berjalan lebih baik. Ia berharap segala ketidakpastian hukum atau sistem pada pemilu 2009 tidak terulang pada 2014. PKB mendorong Undang-Undang Pemilu dibahas dengan baik dan mengakomodasi penguatan sistem pemilu.

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid

"Karena sistem pemilu kuat akan melahirkan pemerintahan yang kuat pula," kata Muhaimin. (art)

Justin Hubner

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Gamba Osaka

Justin Hubner dapat membela Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Dia mendapatkan izin dari klubnya, Cerezo Osaka pada Rabu 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024