RUU Penyelenggara Pemilu

Kader Partai Bisa Daftar Jadi Anggota KPU

Anggota KPU Andi Nurpati memegang surat suara
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya menyepakati anggota partai politik boleh mendaftar jadi anggota Komisi Pemilihan Umum. Bila terpilih menjadi komisioner, baru harus mundur dari parpol, tidak seperti ketentuan Undang-undang Penyelenggara Pemilu sebelumnya yang mensyaratkan calon anggota KPU tidak boleh aktif di parpol lima tahun sebelumnya.

"Semua orang boleh masuk KPU, termasuk anggota partai, yang penting saat mendaftar mengundurkan diri," kata anggota Komisi II DPR Agus Purnomo kepada VIVAnews, Senin 12 September 2011.

Menurut dia, Komisi II dan pemerintah telah menyepakati hal itu. Artinya, keputusan itu sudah mendekati final. "Senin pekan depan penyampaian pandangan mini fraksi. Selasanya bisa dibawa ke paripurna," ujar Wakil Ketua Fraksi PKS itu. "Sekarang sedang di konsultasikan pimpinan masing-masing."

Sekretaris Fraksi PPP Arwani Thomafi mengatakan, lobi pimpinan fraksi dan pimpinan DPR sudah memutuskan, 0 tahun tidak aktif di parpol bisa mencalonkan diri menjadi anggota KPU. "Kemarin yang independen ternyata tidak bekerja independen," ujar Arwani.

Rupanya, masuknya Andi Nurpati ke Partai Demokrat di tengah masa baktinya sebagai anggota KPU menjadi alasan kuat DPR memutuskan kader parpol boleh menjadi anggota KPU. "Pantauan kami di daerah, KPU yang lima itu, banyak daerah tiga orang ternyata orangnya bupati atau partai dominan di situ," katanya.

Pada Pemilu 2009 lalu, KPU dan Bawaslu disyaratkan berasal dari unsur independen, yakni mereka yang tidak partisan. Syarat dan ketentuannya sangat ketat yakni bisa membuktikan tidak aktif di parpol lima tahun sebelum mendaftar. Nah, dengan ketentuan baru yang akan segera diundangkan itu, artinya seluruh anggota KPU berpotensi berasal dari partai politik. (eh)

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
Polda Bali bersama bidang metrologi dan tertib niaga Disperindag kota Denpasar sidak SPBU

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Polisi melakukan sidak ke SPBU di sekitar Denpasar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024