Anna Ingin Ruhut Sitompul Dihukum Adat

Istri Ruhut Sitompul Anna Rudhiantiana Legawati Ke Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Anna Rudiantiana Legawati yang juga istri politisi Demokrat Ruhut Sitompul mengadakan jumpa pers ditemani pengacaranya Hotman Paris Hutapea hari ini, 14 Juli 2011. Dalam jumpa pers tersebut, turut hadir tokoh adat dari marga Tobing. Merasa ditelantarkan Ruhut, Anna berencana menyelesaikan masalah ini secara adat.

5 Fakta Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis Ditetapkan Tersangka Korupsi Timah

"(Pihak Anna ingin) Ruhut dihukum secara adat. Kita hidup di dunia ini ada hukum, ada agama," ujar Hotman ditemui di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis, 14 Juli 2011.

Sebelumnya Anna melaporkan Ruhut ke Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Polri atas dugaan pemalsuan surat untuk menikah yang keduakalinya dengan seorang wanita bernama Diana.

Peran Suami Sandra Dewi dalam Kasus Korupsi PT Timah

Sementara itu di dalam jumpa pers, Anna membawa sejumlah foto dirinya bersama Ruhut saat menggelar resepsi pernikahan dan penganugerahaan marga Tobing.

"Foto-foto ini bukti semuanya," kata Anna.

Kenang Kebersamaan dengan SBY di Akmil, Prabowo: Beliau Terbaik, Saya Taruna Nakal

Anna memiliki alasan sendiri mengapa dirinya baru melaporkan kasus ini ke polisi. Menurut Anna, keputusannya melakukan hal tersebut karena terdorong oleh sang anak.

"Saya persiapkan dulu karena saya memikirkan anak saya," ucapnya.

Selama ini diakui Anna, dirinya merasa ditelantarkan dan tidak diberi perhatian sebagai sorang istri yang sah. Ia mengaku sejak Ruhut menjadi anggota DPR RI, nafkah yang diberikan kepadanya sangat kecil. Bahkan ia tak pernah pulang untuk melihat anaknya, Christian yang tunagrahita.

"Saya panggil mereka, tapi Ruhut tidak mengaku. Sejak itu rumah tangga kami tidak harmonis. Dia tidak pernah lihat anak kami selama 3,5 tahun,  tidak menengok keadaaan anak kami," ujar Anna.

Sementara itu Tokoh Adat dari marga Tobing, Simon Tobing menyesalkan pernyataan Ruhut yang mengatakan, anggota DPR tersebut dan Anna merupakan pasangan kumpul kebo. Bagi orang Batak, ujar Simon, kumpul kebo adalah najis dan hina.

"Setelah melihat keluh-kesah, kami tidak bisa mengerti kata-kata itu dikatakan seorang anggota dewan. Jelas kami akan memberikan kesaksian. Anna boru Tobing adalah istri sah Ruhut. Kalau dipungkiri harus tanggung jawab yang bersangkutan," kata Simon.

Sebelumnya Ruhut membantah keras tuduhan istri pertamanya, Anna Rudiantiana Legawati. Bagi Ruhut, tudingan dari Anna sama sekali tidak benar. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya