Ketua KPU: Andi Nurpati Susun Surat ke MK

Ketua KPU Abdul Hafiz
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Abdul Hafiz Anshary menjelaskan, bahwa Andi Nurpati pernah menyampaikan konsep surat pertanyaan kepada Mahkamah Konstusi dalam rapat tanggal 14 Agustus 2009.

"Waktu itu di ruangan saya, memang ada rapat bersama komisioner-komisioner lainnya," ujar Hafiz saat memberikan keterangan kepada Panja Mafia Pemilu di DPR RI, Jakarta, Selasa 12 Juli 2011.

Menjelang magrib, lanjut Hafiz, Andi Nurpati mengeluarkan konsep surat untuk meminta penjelasan MK mengenai pelaksanaan amar putusan atas sengketa pemilu di Daerah Pemilihan Sulsel. "Ibu Andi minta persetujuan, kemudian disetujui. Konsep itu diparaf komisioner-komisioner," kata Hafiz.

Panja menyoroti inilah yang menyebabkan permasalahan kasus pemalsuan surat MK muncul. Sebab amar putusan MK nomor 084 mengenai perselisihan hasil pemilihan umum di dapil I Sulawesi Selatan sebenarnya sudah jelas, tinggal dilaksanakan saja, tidak perlu di pertanyakan lagi maksudnya. "Amar putusan MK nomor 084 itu kan sudah jelas. Kenapa harus dipertanyakan lagi? Ini membuka terjadinya kasus ini. Kalau tidak ada surat pertanyaan atau meminta penjelasan ke MK itu kan surat nomor 112 palsu itu mungkin dibuat," kata Anggota Panja dari Fraksi PDIP, Budiman Sudjatmiko.

Namun pengakuan KPU ternyata mengejutkan Panja. "Saya mengaku kurang perhatian terhadap isi surat itu," kata Komisioner KPU, Endang Sulastri.

"Soal surat ke MK sebenarnya tidak diagendakan dalam rapat, komisioner hanya dimintai persetujuan dan tandatangannya saja. Waktu itu kami agenda rapat kami tentang bagaimana penetapan presiden dan wakil presiden terpilih," tambah Hafiz.

Anggota Panja dari Fraksi PDIP, Rahadi Zakaria, langsung menyampaikan kritikan pedas terkait kekecewaannya atas ketidakberesan komisioner KPU dalam menjalankan tugasnya menangani Pemilu. "Anda penjabat negara tapi tidak profesional. Bagaimana bisa surat keluar tapi komisioner mengaku tidak tahu dan hanya langsung paraf," kata Rahadi Zakaria. (sj)

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024