Partai Komunis China Tawarkan Kerjasama PDIP

Ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri
Sumber :
  • ANTARA/Farras

VIVAnews - Setelah menyambangi Partai Golkar, sejumlah pengurus Partai Komunis China mengunjungi markas DPP PDI Perjuangan. Dipimpin oleh anggota Politbiro Li Yuanchao dan Dubes China untuk Indonesia, Zhang Qiyue, rombongan PKC disambut Ketua Umum PDI P Megawati Soekarno Putri dan sejumlah pengurus teras lainnya seperti Sekjen Tjahjo Kumolo, Rano Karno dan  sejumlah pengurus lain.

"Maksud kedatangan mereka, pertama, menawarkan kerjasama antar kedua partai. Kedua, kerjasama institusi partai dalam meningkatkan sumber daya. Persahabatan ini akan mampu mempererat kerjasama antar negara," kata Tjahjo usai pertemuan dengan PKC di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin 6 Juni 2011.

Menurut Tjahjo kerjasama dengan PKC sangat penting. Hal itu sekaligus melanjutkan hubungan baik yang sudah terjalin semenjak pemerintahan Presiden Soekarno.

"Agar partai ini mampu secara terus menerus menjaga hubungan kedua negara yang dimulai saat Presiden Soekarno," lanjutnya.

Kunjungan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan komunikasi antar calon pemimpin kedua partai di masa depan. "Misalnya, pertukaran kader partai, seminar bersama," katanya.

Sementara, Ketua Depatemen Kaderisasi dan Ideologi DPP PDIP, Idham Samawi menepis anggapan bahwa kerjasama dengan Partai Komunis China itu akan berdampak negatif terhadap persepsi publik di tanah air. Seperti yang diketahui, citra komunisme di Indonesia masih buruk karena pengalaman sejarah di masa lalu.

"Kesamaan tidak bisa kita pungkiri adalah di sisi kerakyatan, berpihak pada yang kaum tertindas, termarjinal. Mereka Marhaen. Yang sama itu akan kita kerjasamakan. Kaderisasi bukan ideologinya, tapi cara memahamkan ideologinya," jelas Idham.

"Kita (harus) membuka komunikasi dengan semua negara, Jerman, Amerika, Inggris. Ini (PKC) adalah tamu, mereka ingin meningkatkan hubungan," imbuh Tjahjo.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023
Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis, 25 April 2024

Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh bersyukur Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 kini telah selesai. Meskipun, dalam prosesnya penuh dengan dinamika baik suka maupun duka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024