IT KPU Tidak Bisa untuk Manipulasi Suara

Persiapan Pemilu: Komputer di KPU
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Sempat mencuat isu tentang adanya penggelembungan suara dengan penyalahgunaan IT (Informasi Teknologi) di Komisi Pemilihan Umum dalam pemilu 2009 yang lalu. Sasarannya adalah partai yang saat ini tengah berkuasa, Partai Demokrat.

Namun, hal ini dibantah oleh seorang mantan anggota KPU, Mulyana W Kusumah. Dia menegaskan, tidak ada kerangka logis yang dapat menghubungkan manipulasi suara dengan fungsi IT KPU.

"Tidak mungkin memanipulasi hasil penghitungan suara melalui penyalahgunaan IT KPU. Jadi sulit, IT sebagaimana yang dimaksudkan. IT tujuannya untuk lebih memberikan jawaban atas keingintahuan masyarakat dalam sebuah proses penghitungan suara yang tepat. Jadi bukan digunakan dalam konteks (manipulasi suara)," kata Mulyana di Jakarta, Selasa, 31 Mei 2011.

Mulyana memaparkan, dari segi Undang-Undang, IT hanya sebagai unsur pendukung. "Penghitungan suara yang legal, yang secara hukum digunakan oleh KPU menetapkan hasil-hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten kota, provinsi maupun tingkat nasional baik untuk pemilu legislatif maupun eksekutif  dilakukan secara manual," jelasnya lagi.

Meskipun demikian, menurutnya, bila dalam proses pengadaan IT KPU tersebut ada indikasi korupsi baru bisa diproses secara hukum.

"Nah itulah saya kira karena ini sudah berkembang lama, tentu KPK harus memberikan klarifikasi penjelasan atau tindakan atau tindak lanjut terhadap masalah korupsi IT ke publik. Bukan penyalah-gunaan IT untuk penggelembungan suara," ujarnya. (eh)

Ratas Bahas Geopolitik, Airlangga: Cadangan Devisa Kita Masih Kuat
Petugas kepolisian mengamankan TKP lokasi diduga dibunuhnya seorang wanita muda oleh mantan suaminya sendiri di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada Selasa 16 April 2024 sore. (Istimewa)

Wanita Muda Diduga Dibunuh Mantan Suami Saat Cekcok

Warga Kabupaten Kubu Raya dihebohkan dengan tewasnya seorang wanita muda yang diduga kuat dibunuh oleh mantan suaminya. Peristiwa tersebut terjadi di rumah yang berada di

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024