Bangun Gedung Baru, DPR Resmi Digugat

Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews - Seorang karyawan BUMN dan seorang advokat resmi menggugat Dewan Perwakilan Rakyat yang telah menyetujui pembangunan gedung baru DPR senilai Rp1,16 triliun.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

"Gugatan resmi didaftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,"  kata kuasa hukum dua penggugat, Habiburokhman usai mendaftarkan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin 4 April 2011.

Habiburokhman juga merupakan Koordinator Lembaga Advokasi Hukum Indonesia Raya atau Laskar Partai Gerindra. Dua penggugat itu adalah FX Arief Poyuono (karyawan BUMN) dan Adi Partogi, advokat.

Keduanya mengajukan gugatan atas nama warga negara atau citizen law suit untuk menolak pembangunan gedung baru DPR. Menurut Habib, DPR digugat karena telah melakukan perbuatan melawan hukum, yaitu menyetujui pembangunan gedung baru DPR.

"Yang secara jelas melanggar pasal 3 ayat 11 UU Nomor 17/2003 tentang Keuangan Negara," kata Habib yang juga salah satu Ketua DPP Partai Gerindra ini.

Mereka yang menjadi tergugat adalah seluruh anggota DPR. Habib melanjutkan, perbuatan tergugat, yang menyetujui pembangunan gedung baru itu secara jelas telah melanggar asas kepantasan dan kepatutan anggota DPR.

"Akibat perbuatan tergugat yang menyetujui pembangunan gedung baru, maka penggugat mengalami kerugian berupa hilangnya hak untuk didengar aspirasinya sebagai warga negara dan sebagai pihak yang seharusnya diwakili oleh tergugat," kata Habib lagi.

Untuk itu, penggugat meminta Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memerintahkan kepada tergugat untuk menghentikan dan atau membatalkan pembangunan gedung DPR. Mereka yang digugat adalah seluruh anggota DPR.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024