PDIP: UU Intelijen Harus Hormati HAM

Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Ketua DPP Bidang Politik DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mencermati polemik dalam pembahasan rancangan undang-undang intelijen mengenai kewenangan aparat intelijen melakukan penangkapan.

Menurut Puan, DPR dan pemerintah harus membuat undang-undang yang dapat menjadi payung hukum bagi aparat intelijen melaksanakan tugasnya dengan lebih baik tanpa menimbulkan kekhawatiran masyarakat atas cara kerja intelijen di masa mendatang.

"Yang sekarang diributkan ini kanĀ  mengapa penangkapan itu bisa dilakukan semerta-merta tanpa ada dasarnya. Kemudian saat tidak terbukti bisa dilepaskan kembali," kata Puan di DPP PDIP, Jakarta, Senin 28 Maret 2011.

Hal tersebut, menurut Puan, tentu saja dapat menimbulkan keresahan tersendiri bagi masyarakat. Oleh karena itu perlu dicari jalan tengahnya. "Sekarang harus dicarikan payungnya, bahwa undang-undang intelijen yang seperti apakah yang ingin kita bahas bersama dengan pemerintah," ujarnya.

"Apapun itu, hak asasi manusia tentu harus dihormati, tetapi harus ada juga payung hukum yang menjadi dasar para petugas ini," tambahnya.

Shin Tae-yong Beber Kondisi Pemain Indonesia U-23: Sangat Down!
Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa

Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa, Sudah Ditegur tapi Ngeyel

Aksi berbahaya pengunjung Taman Safari, Bogor, Jawa Barat (Jabar) membuka kaca mobil di area singa viral di media sosial.  

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024