Ruhut: Demokrat Tak Permainkan Gerindra

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Rumgapres/ Rusman

VIVAnews - Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi menyatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan melakukan perombakan kabinet dalam waktu dekat. Ini jelas memperkecil peluang partai di luar koalisi masuk ke jajaran kabinet.

Selain PDIP, yang ramai diberitakan masuk ke jajaran kabinet adalah Partai Gerindra. Hadiah kursi menteri dinilai setimpal setelah 26 suara Partai Gerindra di DPR menyelamatkan muka Presiden Yudhoyono dari usulan Hak Angket Mafia Perpajakan.

Sejumlah petinggi Demokrat bahkan sesumbar bahwa kader Gerindra pantas menduduki Menteri Pertanian. Setelah dipastikan bahwa reshuffle tidak dilakukan dalam waktu dekat, sejumlah politisi Partai Demokrat menegaskan bahwa wacana mengajak Gerindra itu,sama sekali tidak bermaksud mempermaikan partai itu.

Rencana Megawati Bertemu Prabowo, Puan: Insya Allah

Gerindra memang sudah menyambut tawaran berkoalisi itu. Bahkan sudah menyiapkan dua calon menteri dari Gerindra diusulkan ke Istana. Calon Menteri BUMN dan Menteri Pertanian.

Demokrat membantah bahwa partai itu memanfaatkan Gerindra untuk menekan Golkar dan PKS. "Itu tidak benar, kalau ada yang mengatakan seperti itu namanya menurunkan derajat Gerindra. Kami tidak pernah mempermainkan partai lain," kata Juru Bicara Partai Demokrat, Ruhut Sitompul, Rabu, 9 Maret 2010.

Menurut Ruhut, Presiden Yudhoyono dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sudah melakukan komunikasi intens. Hanya, belum diperoleh kesepakatan antarkeduanya. "Serahkan itu pada Pak SBY dan Pak Prabowo, biarkan mereka yang memutuskan," kata Ruhut, Rabu, 9 Maret 2011.

Sebelumnya, politisi Gerindra, Desmond J Mahesa, mencium gelagat partainya dijadikan alat menekan partai lain oleh Demokrat. Ia melihat ketidakharmonisan komunikasi antara Presiden Yudhoyono dan elit Demokrat.

Meski demikian, Desmond membantah partainya dilanda euforia mendapat tawaran masuk kabinet. Ia mengatakan partainya tak kecewa jika peluang masuk ke kabinet pupus. "Nggak ada yang kecewa," kata Desmond. "Pak Prabowo malah ketawa begitu dengar kabar itu."

Dasco Yakin TKN Akan Patahkan Semua Argumen Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud di MK
Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto

Gerindra Ragu PDIP Bakal Oposisi, Bambang Pacul: Suka-suka Dia

Partai Gerindra meragukan keseriusan PDIP bakal mengambil peran menjadi oposisi pada pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024