Pengusul Angket Pajak Sudah Lebih 25 Orang?

Anggota DPR dan DPD RI 2009-14 dilantik
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Berapa jumlah terkini anggota Dewan yang mengusulkan Hak Angket Perpajakan belum jelas. Namun demikian, salah satu inisiator dari Fraksi Golkar, Nudirman Munir, hakulyakin jumlahnya sudah melebihi batas minimal yang dipersyaratkan.

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

"Jumlahnya sudah lebih dari 25 orang," kata Nudirman di gedung DPR RI, Jakarta, Jumat, 28 Januari 2011.

Menurut dia, meski Fraksi Partai Demokrat, PKB, dan PPP telah berubah haluan dengan menarik dukungan, upaya untuk menggalang dukungan terus digulirkan. Nudirman mengatakan usulan Angket Perpajakan akan diajukan kembali ke pimpinan DPR pekan depan.

"Senin mungkin," katanya. "Kami jalan terus. Ya, kalau diterima di sidang paripurna kami jalan. Kalau ditolak, biar rakyat tahu mana yang sungguh-sungguh dan yang plin-plan dalam membongkar kasus pajak."

Nudirman menegaskan, meski mendukung Angket Perpajakan, Fraksi Golkar akan menentang setiap upaya untuk menggiring Angket tersebut menjadi upaya memakzulkan Presiden. 

Karena itu, dia menyesalkan mundurnya Fraksi Demokrat. "Kami sesalkan, tadinya semangat kok belakangan mundur. Malah menduga-duga ada yang membonceng. Fraksi Golkar tidak berpikir menggunakan Angket ini untuk pemakzulan. Perintah Fraksi kepada kami, mengawal pemerintahan sampai akhir periode," katanya.

Hal senada disampaikan inisiator dari Fraksi Hanura, Syarifuddin Suding. Menurut Suding, jumlah pendukung angket dari Fraksi Hanura akan terus bertambah.  

Anggota Komisi Hukum DPR dari Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, mengatakan inisiator yang mundur hanyalah dari Fraksi Demokrat dan PKB. "Achmad Yani dan kawan-kawan (PPP) tidak ada yang mundur," katanya.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Pernyataan Bambang berbeda dengan penegasan Ketua Fraksi PPP, Hasrul Azwar, siang tadi yang mengatakan, "Karena kami sudah melihat fraksi mayoritas mundur, ya nggak bisa dipaksakan, ya F-PPP mundur." Selengkapnya, klik di sini.

Seperti Nudirman, Bambang mengatakan jumlah pengusul Angket Perpajakan sudah melebihi batas minimal. Cuma, berapa persisnya dia menyatakan belum mengetahuinya. (kd)

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan
Ilustrasi Gedung KPK.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

KPK mengingatkan tingaal tiga hari lagi tenggat waktu bagi pejabat negara, termasuk menteri untuk melaporkan LHKPN.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024