POLITIK

KIP Menangkan Gugatan ICW Soal Dana BOS

"Dalam UU tak ada tercantum bahwa SPJ BOS dan BOP adalah dokumen yang tertutup."

ddd
Senin, 15 November 2010, 13:23
ilustrasi rupiah
ilustrasi rupiah  

VIVAnews - Komisi Informasi Pusat (KIP) memutuskan informasi mengenai surat pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bukan dokumen rahasia dan bersifat terbuka.

Putusan Majelis Komisioner ini mengabulkan gugatan Indonesia Corruption Watch (ICW) kepada Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan lima Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, Jakarta.

"Semua informasi publik bersifat terbuka. Dalam undang-undang tak ada pernyataan bahwa SPJ BOS dan BOP adalah dokumen yang tertutup atau rahasia. Dokumen SPJ atau kuintansi di dalamnya bisa diakses oleh siapapun," ujar Ketua Majelis Komisioner Ahmad Alamsyah Saragih di gedung Kemenkominfo, Jakarta, Senin, 15 November 2010.

Pihak termohon diberikan tenggat waktu hingga 14 hari untuk berpikir apakah akan mengajukan keberatan atau tidak. Apabila tidak mengajukan keberatan atau mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka putusan dianggap inkracht atau berkekuatan hukum tetap.

"Apabila termohon keberatan dengan putusan ini, maka harus menyampaikan surat tertulis," ungkapnya.

Sementara itu, peneliti ICW bidang pendidikan Febri Hendri mengapresiasi putusan ini. Febri menduga ada indikasi korupsi dana BOS di lima sekolah menengah yakni SMPN 190, SMPN 95, SMPN 84, SMPN 67, dan SMPN 28 Jakarta.

Sedangkan, pihak Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang diwakili oleh Wakasi Pendidikan Kecamatan Kramat Jati Supriyadi mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan pimpinan terlebih dahulu, apakah akan mengajukan keberatan atau menerima putusan tersebut. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
dimaryapati
04/12/2010
ICW, KIP jooss.... jangan hanya sekolah aja yang dperiksa, atasannya juga harus diperiksa.. demi perbaikan dan kemajuan pendidikan Indonesia.
Balas   • Laporkan
penunggang malam
15/11/2010
semoga kabar ini dpt dimanfaatkan para ortu murid untuk menanyakan penggunaan dana BOS dan BOP disekolah anak2 mereka. Demi untuk peningkatan mutu pendidikan
Balas   • Laporkan
rajinbaca
15/11/2010
bravo ICW dan KIP.... ayo selamatkan anak2 kita dari pengaruh korupsi si bapak kepala sekolah dan guru dan semua yang curang itu
Balas   • Laporkan
ICW_Fans
15/11/2010
Good News Buat ICW, sbtulnya ada yang lebih besar dari penggunaan dana BOS ,,kita tau APBN untuk pendidikan sangat besar tapi..sampai sekarang biaya sekolah makin mahal ..mungkin yang harus transparan adalah semua pengunaan dana yang ada di Diknas
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog