DPR Cecar Calon Panglima Soal Isu Terorisme

Laksamana TNI Agus Suhartono di depan parlemen
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono, diwarnai kekhawatiran sejumlah anggota Komisi I DPR terhadap gerakan terorisme.

Mereka menilai gerakan kelompok teroris tidak hanya meresahkan tapi sudah masuk dalam fase mengancam keamanan NKRI.

"Kami tahu persis mau kemana gerakan teroris. Sebentar lagi akan ada gerakan menggulingkan negara," kata TB Hasanudin, Wakil Ketua Komisi I, di ruang rapat Komisi I, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 23 September 2010.

Sementara Max Sopacua dari Fraksi Partai Demokrat juga meminta keterlibatan TNI dalam penanganan kasus terorisme. Menurutnya, Polri hingga saat ini belum maksimal menangani kasus terorisme. "Jadi perlu TNI," ujar Max.

Pernyataan ini diamini Teguh Juwarno, anggota Komisi I dari fraksi PAN. Ia menganggap Polri tidak mampu menyelesaikan masalah terorisme yang menjadi tanggungjawabnya. Bahkan ia menganggap Polri gagal mencegah gesekan di masyarakat. "Kasus Tanjung Priok, Manokwari. Sekarang sudah masuk tahap gawat. Kepercayaan masyarakat terganggu," katanya.

TNI tidak boleh berdiam diri melihat aksi teroris yang semakin berani. Penyerangan di Mapolsek di Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara menjadi bukti yang sahih. Sikap diam TNI itu akan menimbulkan spekulasi di masyarakat. "Orang mulai berspekulasi jika lihat senjata organik (saat merampok), rambut cepak," tambah Syahfan Badri Sampurno dari F-PKS.

Laksamana Agus Suhartono pun menjawab dengan tenang pertanyaan dari. "Secara keseluruhan polisi masih mampu mengendalikan situasi. Bahkan teroris masih bisa ditangkap dan diproses secara hukum," jawabnya.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

Malam ini uji kelayakan calon panglima TNI masuk dalam tahap penentuan sikap. Calon Panglima TNI dari Angkatan Laut itu kini sedang menunggu pengumuman di salah satu ruang khusus DPR. (umi)

Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024