PKS: Polri Jangan Lagi di Bawah Presiden

Kapolri, Bambang Hendarso Saat Memastikan Noordin Tewas
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Sekjen DPP Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta menegaskan tugas Kalpolri yang baru akan lebih berat. Karenanya perubahan status di institusi hukum ini mutlak dilakukan. Polri jangan lagi ada di bawah Presiden.

Polri, imbuh dia, perlu dipimpin tokoh baru yang bisa membenahi internal dan memperbaiki hubungan kelembagaan dengan penegak hukum lainnya.

"Karena Kapolri yang baru ini nanti punya beban tugas yang berbeda dengan semua Kapolri sebelumnya," kata Anis di DPR RI, Jakarta, Selasa 14 September 2010.

Kapolri baru ini, lanjut Anis, harus tampil di tengah konflik internal dan konflik antar institusi penegak hukum yang luar biasa rumit. Seluruh konflik itu telah merusak citra Polri di mata masyarakat.

Tugas itu akan sulit dilakukan apabila status Polri masih seperti sekarang ini. "Oleh karena itu saya mengusulkan supaya status Polri yang langsung di bawah presiden ini perlu dikaji ulang kembali," kata Anis.

Perlu dibuat suatu kementerian baru yang dibelah dari Kementerian Dalam Negeri, yaitu Menteri Keamanan Dalam Negeri, yang nantinya  khusus menangani masalah keamanan saja dan akan bisa membawahi Polri dan Imigrasi. Dengan begitu maka akan membantu memperbaiki koordinasi keamanan dalam negeri.

"Sebab kalau ditempatkan langsung di Depdagri juga tidak tepat," ujar Anis. "Sekarang, salah satu kesulitan dalam perburuan
teroris atau narkoba misalnya, karena imigrasi kan terpisah. Sebab Imigrasi berada di bawah Menkumham," tambah Anis.

Polri yang berada langsung di bawah presiden, menurut Anis, telah memberikan terlalu banyak keistimewaan (previlege)  tetapi tidak diimbangi dengan kinerja yang baik.

"Polri hanya bisa memperbaiki konflik internal kalau dia (Polri) tidak menjadi bagian dari konflik itu sendiri," kata Anis. (adi)

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024