"Suka Tak Suka, Gedung Baru Tetap Dibangun"

Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews - Meski mendapat tentangan dari berbagai pihak terkait pembangunan gedung baru, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR tetap akan merealisasikan pembangunan gedung senilai Rp1,6 triliun itu.

"Proses ini sudah ada sejak periode sebelumnya, kami hanya melanjutkan," kata anggota BURT, Michael Wattimena, usai diskusi Gedung Baru dan Hati Nurani yang hilang, di Polemik Trijaya FM, Warung Daun, Jakarta, Sabtu 4 September 2010.

Michael menambahkan, pembangunan gedung tersebut akan rampung pada akhir 2013 mendatang. "Jadi kami hanya menikmati enam bulan saja atau paling lama satu tahun," ujar dia. Alasan lain yang disampaikan Michael, pembangunan gedung ini diperuntukkan bagi anggota DPR dua puluh tahun yang akan datang.

Selain itu, pembangunan gedung itu juga dipicu rencana penambahan staf ahli bagi anggota DPRdari dua orang menjadi lima orang. "Ada rencana penambahan staf ahli, yang sudah disetujui tiga orang meski yang dibutuhkan lima orang, karena itu kami terkendala ruangan," jelasnya.

Anggota Fraksi Partai Demokrat ini tetap bersikeras melanjutkan pembangunan gedung tersebut. "Mau atau tidak mau, suka atau tidak suka itu tetap direalisasikan," ucapnya.

Dia membantah belum adanya sosialisasi terhadap anggota dewan lain terkait rencana pembangunan gedung tersebut. "Sepertinya naif kalau tidak terkonfirmasi, saya yakin semua sudah tahu," kata dia.

Ide pembangunan
gedung baru ini pertama kali dicanangkan oleh anggota DPR periode 2004-2009. Mereka beralasan gedung yang mereka tempati sudah tidak memadai lagi seiring bertambahnya anggota DPR dan stafnya.

Para wakil rakyat itu juga beralasan faktor keamanan dalam rumah rakyat ini semakin diragukan. Terlebih, pasca gempa beberapa saat lalu, beberapa ruangan di lantai atas Gedung DPR menjadi retak-retak. (umi)

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres
Toyota Land Cruiser 250

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Toyota kembali menghadirkan mobil off-road legenda mereka, Land Cruiser.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024