TUTUP
TUTUP
POLITIK

Ruhut: Perpanjang Masa Jabatan Presiden!

Setelah Presiden Soeharto lengser itu Indonesia memiliki tiga presiden dalam waktu singkat
Ruhut: Perpanjang Masa Jabatan Presiden!
Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Soal Rekomendasi Tim Delapan (Antara/Widodo S Jusuf)

VIVAnews - Entah dapat wangsit darimana Ruhut Sitompul tiba-tiba melontarkan pernyataan kontroversial ini. Politisi Partai Demokrat ini mengusulkan agar mengamandemen undang-undang untuk memperpanjang masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Usulan Ruhut ini memancing hujatan. Sepanjang pagi ini banyak orang di dunia maya--Twitter dan Facebook- mengecam.  Banyak yang menyebutkan bahwa Ruhut sesungguhnya asal bunyi. Tapi ada pula yang meyakini bahwa Ruhut disuruh guna meraba presepsi publik.

Apa kata Ruhut Sitompul sendiri? Perpanjangan masa jabatan jadi tiga periode itu, katanya,  "Karena saat ini belum ada tokoh bangsa yang bisa menyaingi presiden kita yang sekarang, Bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)," kata Ruhut Sitompul yang juga juru bicara Partai Demokrat dalam perbincangan kepada VIVAnews, Rabu 18 Agustus 2010.

Ruhut menilai, setelah Presiden Soeharto lengser, Indonesia memiliki tiga presiden dalam yang waktu singkat, lima tahun. Presiden BJ Habibie hanya satu tahun, Abdurrahman Wahid tidak sampai dua tahun, dan Megawati tiga tahun. Kini, SBY bisa dua periode berjalan mulus.

"Jadi kenapa aku mengusulkan itu? Karena ini adalah pengalaman sejarah. SBY ini, presiden yang dikirim dan dirahmati Allah. Kita jangan lagi beli kucing dalam karung," kata politisi yang juga anggota Komisi III Bidang Hukum DPR ini.

Ruhut mengingatkan kepada semua pihak, terutama yang mengkritik keras pidato kenegaran SBY, bahwa SBY juga memiliki daftar panjang prestasi selama masa pemerintahannya.

Prestasi SBY yang disebutkan Ruhut itu dari mulai membaiknya citra negara di mata internasional, pelanggaran HAM, dibukanya embargo senjata, dan berantas habis kasus-kasus teroris dan narkoba.

"Orang lupa itu. Saya menghormati undang-undang kita yang menyebut masa jabatan presiden dua periode. Tatapi, apabila tidak ada tokoh lain yang mampu menjadi presiden, kenapa tidak?" tegas Ruhut.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP