SELEKSI KPK

Sutan Bagindo, Jaksa Kasus Tommy Soeharto

Seleksi Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Tujuh calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lolos ke tahap seleksi wawancara. Salah satunya adalah Sutan Bagindo Fahmi.

Pria kelahiran Pariaman, Sumatera Barat, 13 September 1951, ini adalah jaksa dan jabatan terakhirnya adalah Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

Arus Balik Mudik Lebaran, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Meningkat 7 Persen

Menurut penelusuran Indonesia Corruption Watch (ICW), jaksa satu ini pernah menangani sejumlah kasus korupsi kontroversial berskala besar, seperti kasus ruislag (tukar guling) antara Bulog dengan PT. Goro Batara Sakti dengan terdakwa Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto, Beddu Amang dan Ricardo Geleal.

Selain menangani kasus ruislag Bulog, calon pemimpin KPK ini juga menangani kasus dana non-bujeter Bulog dengan terdakwa Akbar Tandjung, Dadang Sukandar dan Windfried Simatupang; kasus Technical Assisten Contract, dengan terdakwa Ginandjar Kartasasmita, IB Sudjana; serta kasus Korupsi dan pembalakan liar Adelin Lis di Medan.

Di tingkat Pengadilan Negeri pada bulan Oktober 2007, Adelin divonis bebas. "ICW melakukan eksaminasi publik terhadap kasus ini," kata Wakil Koordinator ICW, Emerson Yuntho.

Salah seorang majelis eksaminasi yang berasal dari mantan Jaksa, M.H. Silaban dalam legal anotasinya menyatakan, vonis itu diakibatkan dakwaan jaksa yang tidak jelas, alat bukti tidak akurat, dan keterangan yang sudah dicabut di persidangan ternyata masih digunakan di berkas tuntutan pidana.

Berdasarkan hasil pemeriksaan internal, Kejaksaan Agung pun menjatuhkan sanksi penurunan pangkat dan memutasi Sutan Bagindo sebagai staf ahli Jaksa Agung. Perkara akhirnya di ajukan ke tingkat kasasi, dan berkat tekanan publik, Mahkamah Agung memutus bersalah Adelin Lis dan menghukum 10 tahun penjara. (kd)

Marc Klok, Duel Persib Bandung vs Persita Tangerang

Persib Bandung Waswas dengan Kehadiran Pelatih Baru Persita

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persita Tangerang dipekan ke-31 Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, besok.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024