POLITIK

KPU Sulsel Tetapkan 40 Anggota Baru

40 anggota KPU Kabupaten/Kota merupakan nama-nama yang dianggap cakap, sesuai kualifikasi.

ddd
Minggu, 21 Desember 2008, 11:35
 
  (Antara/ Fanny Octavianus)

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan menetapkan 40 anggota KPU Daerah di 8 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno KPU Sulsel, yang digelar di gedung media centre KPU Sulsel, Sabtu, 20 Desember 2008 dan diumumkan Minggu, 21 Desember 2008.

Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas mengatakan, 40 anggota KPU Kabupaten/Kota merupakan nama-nama yang dianggap cakap, dan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi anggota KPU daerah.

"Mereka memiliki kemampuan komunikasi, penguasaan materi pengetahuan politik, kualitas kepemimpinan serta pengalaman organisasi," kata Jayadi Nas, dikantor KPU Sulsel, di Jl Andi Pangerang Pettarani.

Ia menambahkan, penetapan 40 nama tersebut memakan waktu lebih dari 2 bulan. Mereka di seleksi dalam 5 tahapan. Yakni ujian tulis, wawancara, psikotest, out bond dan seleksi terakhir melalui fit and propert test.

Sehingga dia membantah, nama-nama tersebut merupakan pesanan orang luar. "Ini pemilihan murni dan diluar dari kepentingan dan tekanan orang-orang tertentu," ujar Jayadi.

Sementara Informasi yang di himpun VIVAnews, 8 Kabupaten/Kota yang menggelar seleksi anggota KPU secara bersamaan yakni, Kota Makassar, Kabupaten Pinrang, Jeneponto, Enrekang, Wajo, Sidenreng Rappang, Kota Parepare dan Luwu. Sesuai jadwal KPU Sulsel, kesemua anggota KPUD tersebut akan dilantik bersamaan 24 Desember mendatang.

Dalam penetapan 40 anggota KPU Kabupaten/Kota tersebut, 12 incumbent terpilih kembali menjadi anggota KPU di daerah mereka masing-masing. Sementara daerah yang tidak satupun meloloskan incumbent, adalah Kota Makassar dan Kabupaten Jeneponto.

Laporan: Zeena/Makassar



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog