Kapal DPR Pecah

Wakil Ketua DPR: Pemda Sulut, Tanggung Jawab!

alm. Setia Permana, anggota Fraksi PDIP DPR RI
Sumber :
  • Facebook Setia Permana

VIVAnews - Wakil Ketua DPR Pramono Anung dan Priyo Budi Santoso tidak satu suara menyikapi kecelakaan kapal rombongan Komisi III DPR di perairan Bunaken, Pelabuhan Manado, Sabtu lalu. Kecelakaan itu menewaskan anggota DPR Setia Permana dan istri anggota Fraksi Partai Demokrat, Sutjipto.

"Anggota DPR yang melakukan kunjungan kerja dilindungi oleh undang-undang, sehingga mereka harus diperlakukan sesuai standar keamanan yang berlaku," kata Pramono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 9 Agustus 2010.

Ia menekankan, acara melancong rombongan Komisi III ke Bunaken itu pun masih satu paket dengan kunjungan kerja mereka ke Manado. "Jadi mereka masih sebagai tamu pemerintah daerah," tegas Pramono.

Oleh karena itu, imbuhnya, kepolisian setempat harus memberi jaminan keamanan kepada rombongan Komisi III itu. "Kami minta Pemda (Sulut) bertanggung jawab atas tragedi ini," tandas politisi dari PDI Perjuangan ini.

Ia menyatakan, kapal yang ditumpangi Komisi III pun tergolong tidak layak, karena kapal itu nyatanya langsung hancur berkeping-keping begitu dihantam ombak pertama.

"Ini sangat memprihatinkan," kata Pramono. PDIP memang kehilangan salah satu kadernya, Setia Permana, dalam tragedi kapal pecah itu.

Secara terpisah, Priyo lebih memilih agar DPR menyerahkan soal kecelakaan kapal itu kepada Polda dan Pemda Sulawesi Utara. DPR tidak perlu membentuk tim investigasi.

"Serahkan penyelidikan ke Polda dan Pemda setempat," kata Priyo. Ia menilai, faktor musibah tak dapat dilepaskan dalam tragedi itu.

Bagaimanapun, Priyo menyesalkan kenapa kapal itu berlayar tanpa pelampung. Apalagi, ujarnya, Komisi III usai melakukan tugas negara dalam kunjungan kerjanya ke Manado.

"Kok bisa alpa tanpa pelampung? Tidak lazim kapal yang dinaiki pejabat negara tidak memiliki pampung. Bagaimanapun, itu musibah," tutup Priyo. (kd)

Jay Idzes Cetak Gol Cepat, Venezia Kena Comeback Menyakitkan
Epi Kusnandar

Gak Nyangka, Begini Isi Garasi Epy Kusnandar yang Ditangkap Gegara Narkoba

Epy Kusnandar ditangkap Polres Metro Jakarta Barat di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat 10 Mei 2024. Pemeran kang mus di film Preman Pensiun itu diamankan polisi..

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024