Politisi Demokrat Dibawa ke Jambi Pukul 17.00

Politisi Partai Demokrat, As'Ad Syam
Sumber :
  • www.kejaksaan.go.id

VIVAnews - Anggota Fraksi Demokrat, As'ad Syam, sore ini dibawa ke Jambi. Untuk selanjutnya, As'ad akan dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Muarobungo.

"Pukul lima sore dibawa menggunakan pesawat Lion Air," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Babul Khoir Harahap, di Kejaksaan, Kamis 5 Agustus 2010

Menurut Babul, As'ad merupakan buronan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muaro Jambi sejak tahun lalu. "Eksekusi dilakukan oleh Kejari Muaro Jambi," jelasnya.

As'ad keluar dari Rumah Tahanan Salemba Cabang Kejaksaan Agung pukul 14.20. Dia didampingi dua jaksa dari kejaksaan negeri Sengeti, satu jaksa dari kejaksaan tinggi Jambi, dan satu orang anggota Polda Jambi.

As'Ad ditangkap di kawasan Pondok Cabe semalam sekitar pukul 21.30. Tidak ada perlawanan dari anggota komisi VIII DPR RI ini ketika jaksa mengeksekusinya.

As'ad telah divonis empat tahun penjara oleh Mahkamah Agung atas kasus korupsi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Muaro Jambi senilai Rp4,5 miliar. Namun, ia tak juga muncul untuk menjalani masa tahanannya.

As'ad sempat muncul di DPR minggu lalu untuk memberikan keterangan kepada Badan Kehormatan (BK) DPR dan menjelaskan kasus hukum yang membelitnya tersebut. Hingga saat ini, BK masih terus menyelidiki kasusnya.

Sebelumnya, As'ad telah berkomunikasi dengan Ketua Divisi Hukum Partai Demokrat, Denny Kailimang. Denny menyatakan, terdapat kejanggalan dalam putusan MA terkait vonis terhadap As'ad. Pertama, kasasi diajukan jaksa atas vonis bebas di Pengadilan Negeri. Kedua, terdapat perbedaan nomor perkara di putusan kasasi dengan nomor perkara di Pengadilan Negeri. (umi)

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024