Mendagri Tak Setuju Pindah Ibukota

Gamawan Fauzi
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi tak setuju usulan pemindahan Ibukota dari Jakarta. Menurutnya, cukup pembenahan Jakarta.

"Kalau (masalah) Jakarta memang terlalu berat, tapi saya tidak menyarankan untuk dipindahkan," kata mantan Gubernur Sumatera Barat itu di kantor Presiden, Kamis 29 Juli 2010 kemarin.

Gamawan menilai kondisi Jakarta sudah sangat berat. Pertumbuhan kendaraan sepeda motor dan roda empat tidak sebanding dengan ruas jalan yang ada. "Makin lama beban Jakarta makin berat," katanya. Gamawan mengajak, penanganan masalah Jakarta dipikir bersama-sama. "Bukan hanya pemerintah DKI saja tapi juga pemerintahan nasional, kementerian terkait membantulah."

Sebelumnya, Gamawan menyampaikan Presiden pernah menyinggung soal pemindahan Ibukota ini beberapa kali. Namun Gamawan tak bisa memberikan komentar karena itu dinilainya kebijakan yang strategis. "Tentu Presiden yang paling ideal berikan komentar, selain DPR sendiri," ujar Gamawan.

Wacana pemindahan ini digulirkan lagi oleh Wakil Ketua Komisi II DPR, Teguh Juwarno, beberapa hari lalu menanggapi kemacetan yang tak kunjung reda di Jakarta. Kemacetan ini diduga merugikan belasan triliun rupiah setiap tahun. (sj)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat
Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024