SBY Pernah Singgung Isu Pemindahan Ibu Kota

Presiden SBY Jenguk Aktivis ICW
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta sedang ramai bergulir. Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi memilih tidak menanggapi isu tersebut.

Termasuk, apakah sudah selayaknya ibu kota pindah dari Jakarta. "Saya tidak komentari. Itu kebijakan yang paling strategis. Tentu Presiden yang paling ideal berikan komentar. Selain DPR sendiri," kata Gamawan Fauzi di Kompleks Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 29 Juli 2010.

Dijelaskan Gamawan, wacana pemindahan ibu kota belum dibahas di kementerian. "Dari dulu [wacana] ini juga sudah. Dari zaman Pak Harto juga pernah menyebut Jonggol kan," tambah dia.

Apakah masalah ini sudah pernah disinggung Presiden? "Oh, beberapa kali beliau singgung. Tapi, belum dalam bentuk instruksi," tambah dia.

Ditanya soal apa yang disinggung presiden, kalimat Gamawan tak menjelaskan. "Ya kondisi... [berhenti bicara]. Ada usul begini, usul begitu."

Dijelaskan Gamawan, mengenai Jakarta banyak usul. Namun, harus ada kajian lebih kongkret. "Ya, beliau memberikan sinyal kepada kementerian terkait agar bagaimana baiknya," tambah dia.

Wacana pemindahan ibu kota digulirkan DPR. Bukannya tanpa dasar. Jakarta dianggap sudah terlalu terbebani, tak hanya sebagai pusat pemerintahan, tapi juga pusat perdagangan dan keuangan.

Belum lagi kemacetan yang makan biaya Rp17,2 triliun setiap tahun. Juga ancaman gempa bumi.

Kalimantan pun jadi pilihan. Menurut Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi Pemerintahan, Teguh Juwarno, ini bukan wacana baru.

"Itu kan gagasan sudah lama," kata Teguh kepada VIVAnews, Senin, 26 Juli 2010, "Gagasan agar Ibukota negara ditempatkan di wilayah tengah Indonesia." (umi)

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
Bea Cukai musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Bea Cukai Yogyakarta musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas hasil penindakan di salah satu gudang PT KOOC Kreasi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024