Tak Puas Jadi Bupati, Maju Jadi Wakil Bupati

TPS 'Piala Dunia' di Pilkada Solo
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVAnews

VIVAnews - Bagug Purnomosidi nampaknya tidak puas menjabat dua periode sebagai Bupati Wonogori. Pilkada 2010 ini, dia mencalonkan kembali untuk yang ketiga kalinya. Tapi, bukan sebagai Bupati, melainkan Wakil Bupati Wonogiri.

Menurut Ketua KPUD Wonogiri, Joko Purnomo, majunya seorangĀ  bupati menjadi calon wakil bupati dalam Pilkada, baru pertama kali terjadi di Jawa Tengah.

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru

"Ini pertama kali di Jawa Tengah, dan tidak menyalahi undang-undang yang ada," kata Ketua KPUD Wonogiri, Joko Purnomo kepada VIVAnews, Kamis, 29 Juli 2010.

Menurut dia, undang-undang hanya melarang seseorang yang sudah mejabat bupati selama dua periode maju kembali sebagai calon bupati. Kalau majunya sebagai wakil bupati, tidak menyalahi undang-undang.

Majunya bupati Begug menjadi calon wakil bupati sudah ditetapkan dua minggu lalu, dengan menggandeng PDIP dan PKS. Pasangan Sumaryoto-Begug Purnomosidi mendapat nomor urut 1. Mereka bakal bersaing dengan tiga pasangan lainnya.

"Respons masyarakat Wonogiri dengan majunya bupati Begug jadi calon wakil bupati memang menuai pro-kontra. Ada masyarakat yang mendukung karena masih menginginkan sosok Pak Begug, tapi ada juga masyarakat yang sudah bosan. Ini biasa dalam demokrasi," ucapnya.

Pilkada Wonogiri, saat ini memasuki masa sosialisasi pasangan calon bupati dan wakil bupati. Setelah itu, selama 40 hari ke depan, empat pasangan calon bupati dan wakil bupati diberi kesempatan menggelar kampanye. "Pelaksanaan Pilkada akan berlangsung 16 September nanti," ujarnya.(np)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0
Manajer Manchester United, Erik ten Hag

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU

Manajer Manchester United, Erik Ten Hag masih percaya dengan Casemiro, meski sang pemain dinilai sudah mengalamai penurunan performa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024