POLITIK

Tak Puas Jadi Bupati, Maju Jadi Wakil Bupati

Pertama kali di Jawa tengah. Meski tak menyalahi UU, Bupati Wonogiri maju lagi jadi wakil.
Kamis, 29 Juli 2010
Oleh : Amril Amarullah
TPS 'Piala Dunia' di Pilkada Solo

VIVAnews - Bagug Purnomosidi nampaknya tidak puas menjabat dua periode sebagai Bupati Wonogori. Pilkada 2010 ini, dia mencalonkan kembali untuk yang ketiga kalinya. Tapi, bukan sebagai Bupati, melainkan Wakil Bupati Wonogiri.

Menurut Ketua KPUD Wonogiri, Joko Purnomo, majunya seorang  bupati menjadi calon wakil bupati dalam Pilkada, baru pertama kali terjadi di Jawa Tengah.

"Ini pertama kali di Jawa Tengah, dan tidak menyalahi undang-undang yang ada," kata Ketua KPUD Wonogiri, Joko Purnomo kepada VIVAnews, Kamis, 29 Juli 2010.

Menurut dia, undang-undang hanya melarang seseorang yang sudah mejabat bupati selama dua periode maju kembali sebagai calon bupati. Kalau majunya sebagai wakil bupati, tidak menyalahi undang-undang.

Majunya bupati Begug menjadi calon wakil bupati sudah ditetapkan dua minggu lalu, dengan menggandeng PDIP dan PKS. Pasangan Sumaryoto-Begug Purnomosidi mendapat nomor urut 1. Mereka bakal bersaing dengan tiga pasangan lainnya.

"Respons masyarakat Wonogiri dengan majunya bupati Begug jadi calon wakil bupati memang menuai pro-kontra. Ada masyarakat yang mendukung karena masih menginginkan sosok Pak Begug, tapi ada juga masyarakat yang sudah bosan. Ini biasa dalam demokrasi," ucapnya.

Pilkada Wonogiri, saat ini memasuki masa sosialisasi pasangan calon bupati dan wakil bupati. Setelah itu, selama 40 hari ke depan, empat pasangan calon bupati dan wakil bupati diberi kesempatan menggelar kampanye. "Pelaksanaan Pilkada akan berlangsung 16 September nanti," ujarnya.(np)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found