Calon Pengganti Nurpati Diklarifikasi DPR

Andi Nurpati menyampaikan seputar keputusannya saat berhenti dari KPU
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Saut Sirait, calon anggota Komisi Pemilihan Umum nomor urut 8, diklarifikasi Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat hari ini. Saut akan ditanya apakah masih memenuhi syarat menjadi anggota KPU menggantikan Andi Nurpati Baharuddin yang dipecat.

Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II Chairuman Harahap, dengan didampingi Wakil Ketua Komisi II Taufiq Effendi. Agenda rapat ini bertajuk, "Klarifikasi dan Konfirmasi Data Calon Anggota KPU."

Saut Hamonangan Sirait disebut-sebut sebagai pengganti Andi Nurpati Baharudin sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia menempati urutan kedelapan dalam uji kepatutan dan kelayakan yang digelar DPR pada 2007.

UU Penyelenggara Pemilu mengatur, bila ada anggota KPU berhalangan tetap akan digantikan oleh orang yang berada di urutan di bawahnya saat uji kepatutan dan kelayakan.

Namun, menurut Wakil Ketua Komisi II DPR Teguh Juwarno, langkah Saut menduduki kursi komisioner KPU tidak semudah itu. Langkah Saut terhambat karena pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPD meski akhirnya gagal terpilih.

"Dikatakan Undang-undang, peserta pemilu itu partai politik dan calon DPD," kata Teguh ditemui di Bawaslu, Minggu 18 Juli 2010. Tapi, peluang Saut belum tertutup, karena ada yang berpandangan calon anggota DPD bukan partai politik. Apalagi, Saut tidak terpilih dalam pada 2009 lalu.

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menambahkan, sebagai orang yang pernah menjadi peserta pemilu, Saut tidak memenuhi lagi kualifikasi sebagai penyelenggara pemilu. Sebab itu, DPR harus memilih calon lain.

Refly mengakui tidak ada aturan tertulis bahwa calon anggota DPD yang gagal dalam pemilu kehilangan hak sebagai komisioner. "Ini kebijaksanaan. Sebaiknya anggota KPU bukan orang yang pernah menjadi peserta pemilu, apalagi dalam periode yang sama," ujarnya.

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos
Fang Cheng Bao Super 9 / Bao 9

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Raksasa otomotif asal China, BYD melalui merek premiumnya Fang Cheng Bao, meluncurkan tiga kendaraan listrik baru pada Konferensi Musim Semi Fang Cheng Bao. Dua di antara

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024