Cagub PKS Ungguli Golkar di Pilkada Sumbar

Pilkada Jatim
Sumber :
  • Antara/Saiful Bahri

VIVAnews - Hasil rekapitulasi penghitungan suara sementara pemilihan gubernur Sumatera Barat yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kabupaten/kota, menempatkan pasangan Irwan Prayitno-Muslim Kasim mendapat jumlah suara terbanyak.

Pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera ini menang di 14 kota dan kabupaten di Sumbar. Irwan-MK unggul dengan perolehan suara 657.763 suara atau 32,63 persen dari total suara sah.

Raihan suara pasangan tersebut mengalahkan perolehan suara pasangan yang diusung Golkar, Marlis Rahman-Aristo Munandar. Marlis dan Aristo hanya memenangkan Pilkada di tiga daerah yakni Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, dan Kota Payakumbuh.

Marlis-Arsito mengumpulkan 531.605 suara atau 26,37 persen. Sedangkan pasangan yang diusung Partai Demokrat, Endang Irzal-Asrul Syukur, memenangi dua Pilkada: Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

Daerah tersebut merupakan kantong suara dari pasangan mantan Dirut PT Semen Padang tersebut. Endang-Asrul mengumpulkan 410.567 suara atau 20,37 persen. Sedangkan pasangan Fauzi Bahar-Yohanes Dahlan mengumpulkan suara keempat terbanyak yakni 324.123 suara atau16,08 persen.

Pasangan nomor urut 1 Ediwarman-Husni Hadi memperoleh 91.726 atau 4,55 persen. Saat ini, 19 KPU Kabupaten/kota di Sumbar telah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Sumbar hari ini, Rabu, 7 Juli 2010. Penghitungan dan penetapan hasil perolehan masing-masing cagub Sumbar ini akan dilakukan paling lambat 15 Juli mendatang.  (hs)


Laporan: Eri Naldi | Padang

Codeblu Divonis Gegar Otak Ringan Sebelum Tanding dengan Chef Arnold
Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 24 April 2024. Rupiah menguat sebesar 54 poin atau 0,34 persen ke posisi Rp 16.166.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024