KPK Sita Dokumen di Kementerian ESDM

Penggeledahan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi telah menggeledah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kemarin. Dalam penggeledahan, penyidik menyita sejumlah dokumen yang diduga terkait dalam kasus korupsi pengadaan dan pemasangan solar home system di ESDM.

"Ada dokumen dan surat-surat yang disita," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 30 Juni 2010.

Prediksi Semifinal Piala FA: Manchester City vs Chelsea

Menurut Johan, penggeledahan berlangsung selama 12 jam atau dari jam 11 hingga pukul 23.00. Johan menjelaskan, penggeledahan dilakukan di Kementerian ESDM di Jalan HR Rasuna Said. KPK menggeledah ruangan milik Dirjen Kelistrikan dan Pemanfaatan ESDM. "Selain itu, kami juga menggeledah beberapa ruangan lainnya," ujarnya.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Dirjen Kelistrikan dan Pemanfaatan ESDM, Jacobus Purnomo (JP), dan Pejabat Pembuat Komitmen, Kosasih (K), sebagai tersangka. Mereka diduga terlibat korupsi dalam pengadaan dan pemasangan solar home system di ESDM.

Kedua orang itu diduga mengatur pemenangan tender serta menerima sejumlah uang dari perusahaan yang dimenangkan. Selain itu juga dalam proses penyelidikan KPK menemukan penggelembungan harga. "Penggelembungan diduga mencapai Rp119 miliar."

Sedangkan, penerimaan uang oleh keduanya dilakukan secara bertahap dan kemudian dimasukkan dalam catatan yang disebut dana taktis dari rekanan. "Sekitar Rp4,6 miliar," kata Johan.

Keduanya dijerat dengan Pasal 2 ayat (1), Pasal 3, Pasal 5, dan/atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kim Soo Hyun

Makin Memikat! Kim Soo Hyun Bakal Isi Soundtrack Queen of Tears

Saat ini Kim Soo Hyun mengambil tantangan baru dan akan menambah daya tarik drama ini dengan menyumbangkan suaranya untuk mengisi soundtrack (OST) dari Queen of Tears.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024