KPK Geledah Kementerian ESDM

Tim penyidik KPK
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Setelah menetapkan dua pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai tersangka, kini penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor mereka.

"Hari ini kita melakukan penggeledahan di Kantor ESDM di Jalan Medan Merdeka Selatan," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 29 Juni 2010.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Menurut Johan, penggeledahan mulai dilakukan sejak siang tadi. "Tapi belum diketahui ruangan apa saja yang digeledah," jelas Johan.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Dirjen Kelistrikan dan Pemanfaatan ESDM Jacobus Purnomo (JP) dan Pejabat Pembuat Komitmen Kosasih (K) sebagai tersangka. Mereka diduga terlibat korupsi dalam pengadaan dan pemasangan solar home system di Kementerian ESDM.

Kedua orang itu diduga mengatur pemenang tender serta menerima sejumlah uang dari perusahaan yang dimenangkan. Selain itu juga dalam proses penyelidikan KPK menemukan penggelembungan harga. "Penggelembungan diduga mencapai Rp119 miliar."

Sedangkan, penerimaan uang oleh keduanya dilakukan secara bertahap dan kemudian dimasukkan dalam catatan yang disebut dana taktis dari rekanan. "Sekitar Rp4,6 miliar," kata Johan.

Keduanya dijerat dengan Pasal 2 ayat (1), Pasal 3, Pasal 5, dan/atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (kd)

Presiden Iran, Ebrahim Raisi (tengah).

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Islamabad pada hari Senin, 22 April 2024 untuk kunjungan resmi selama tiga hari. Iran dan Pakistan sedang berupaya baiki hubungan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024