PPP: UU Melarang Bekas PKI Berkumpul

M Romahurmuziy (PPP) lihat Idrus Marham teken kontrak politik
Sumber :
  • Antara/ Kencana

VIVAnews - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan M Romahurmuzy menyarankan Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ribka Tjiptaning dan FPI menempuh jalur mediasi untuk menyelesaikan konflik. Menurut dia, main hakim sendiri tidak dibenarkan, namun di sisi lain, pertemuan mantan tahanan politik PKI juga perlu dijelaskan.

"Sikap fraksi PPP, sebaiknya terjadi mediasi dulu antara FPI di satu sisi dan Bu Ribka Tjiptaning jangan kerucutkan, masalah hanya jadi masalah komisi IX," kata Romy. "Memang betul Bu Ribka Ketua Komisi IX, tapi ia juga bisa sebagai pribadi," kata Romy, Selasa, 29 Juni 2010.

Romy meminta kedua belah pihak mengendurkan tensi. Tindakan main hakim sendiri tidak dibenarkan. Namun, dia melihat penegakan hukum masih lemah. "Kumpul bekas Partai Komunis Indonesia juga dilarang undang-undang. Jangan salahkan juga yang kekerasan," katanya.

"Saya hanya mau dudukkan secara proporsional, kawan-kawan dari partai tertentu yang menampung eks partai terlarang, juga jangan kebakaran jenggot kalau didatangi FPI," ujarnya. Dan menurut dia, main hakim sendiri dan anarki tidak terkait dengan keberadaan lembaga namun terkait mentalitas dan sikap perilaku.

Karena itu, Romy juga tidak setuju usul pembubaran FPI. Menurutnya, badan hukum FPI belum sebagai organisasi, sehingga tidak bisa dibubarkan.

Ribka sendiri membantah pertemuan di sebuah rumah di Banyuwangi pada Kamis 24 Juni 2010 adalah pertemuan kader PKI. Pertemuan itu memang melibatkan para korban Orde Baru, namun mereka hadir untuk menerima sosialisasi program Komisi IX DPR yakni seperti Rancangan Undang-undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Namun, ketika baru berlangsung 40 menit, acara tersebut dibubarkan segerombolan orang termasuk anggota FPI dan anggota organisasi massa lain. Senin kemarin, Ribka melaporkan kejadian itu ke Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia dan Markas Besar Kepolisian.(np)

Hasil Liga 1: Dewa United Bantai Tuan Rumah Persebaya Surabaya
Saipul Jamil

Ramai Candaannya dengan Ivan Gunawan, Saipul Jamil Beri Klarifikasi

Saipul Jamil melakukan klarifikasi tersebut saat itu lantaran tidak ingin meluruskan tentang kejadian di masa lampau.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024