TUTUP
TUTUP
POLITIK

Saiful Mujani "Disetarakan" dengan Huntington

Bekas Direktur Eksekutif LSI itu meraih hadiah akademis bergengsi dari Amerika Serikat.
Saiful Mujani "Disetarakan" dengan Huntington
Direktur Eksekutif/Peneliti Utama LSI Saiful Mujani (kiri) & Jeffrie Geovanie (Antara/ Rosa Panggabean)

VIVAnews - Mantan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Saiful Mujani, bersama Dr William Liddle dan Thomas B Pepinsky, meraih penghargaan Franklin L. Burdette/Pi Sigma Alpha Award 2010. Penghargaan bergengsi dari Asosiasi Ilmu Politik Amerika (APSA) ini pernah diraih ilmuwan Samuel Huntington.

Seperti dilansir laman LSI, Selasa 29 Juni 2010, penghargaan ini diberikan kepada paper terbaik yang dipresentasikan di pertemuan tahunan yang diadakan oleh APSA. Bersama Liddle (Guru Besar Ohio State University) dan Pepinsky (Guru Besar Cornell University), Saiful menulis makalah 64 halaman berjudul “Testing Islam’s Political Advantage: Evidence from Indonesia.”

Penganugerahan Franklin L. Burdette/Pi Sigma Alpha Award yang diberikan asosiasi ilmuwan politik paling bergengsi sejagad ini telah dimulai sejak tahun 1964. Nama-nama besar seperti Samuel Huntington, Sidney Tarrow, Michael Wallerstein, dan Mancur Olson pernah menerima Franklin L. Burdette/Pi Sigma Alpha Award ini. Dalam beberapa kasus, APSA sering tidak memberikan award tersebut karena tidak ada yang dianggap layak.

Penghargaan tahun ini akan diserahkan pada acara APSA Awards Luncheon and Ceremony pada Kamis, 2 September 2010 di Washington DDC, Amerika Serikat. Saiful Mujani yang sekarang CEO PT Data LSI diundang hadir pada acara itu untuk mengambil hadiah dan sertifikat.

Dalam makalah tersebut, Saiful bersama dua peneliti lainnya, menyimpulkan ada faktor di luar ekonomi yang juga mendasari perkembangan partai Islam di Indonesia. Saiful membandingkan studi ini dengan sejumlah partai di negara-negara Islam lain.

"Penemuan kami menantang baik pandangan reduksionis yang melihat platform Islam tak berperan apapun, dan pandangan esensialis yang melihat platform Islam selalu berperan menjelaskan dukungan," begitu petikan makalah Saiful.(np)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP