Pramono: Seleksi KPK Sebaiknya untuk 4 Tahun

Pramono Anung Wibowo
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, menyesalkan apabila seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi yang sedang dibuka sekarang, hanya untuk satu tahun masa tugas.

"Seleksi sebaiknya untuk empat tahun masa tugas, dan dilaksanakan pada tahun 2011 ketika masa tugas seluruh pimpinan KPK yang sekarang telah usai," ujar Pramono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 31 Mei 2010. "Buang-buang waktu jika hanya memilih satu orang (dari total lima pimpinan KPK), untuk masa tugas satu tahun saja."

Panitia seleksi (pansel) KPK saat ini sedang membuka pendaftaran untuk calon pimpinan KPK guna menggantikan Antasari Azhar, mantan Ketua KPK yang dipecat akibat tersandung kasus pembunuhan.

Di sisi lain, penyelenggaraan seleksi tahun ini dianggap sejumlah kalangan sebagai suatu hal yang tanggung, karena tahun depan masa jabatan keempat pimpinan KPK lainnya akan berakhir. Oleh karena itu, Pramono menyarankan agar seleksi dilakukan secara menyeluruh pada tahun 2011, untuk mengisi sekaligus posisi kelima pimpinan KPK.

"Bila seleksi digelar tahun depan, akan lebih efektif," tandas Pramono. Dengan demikian, ujarnya, pimpinan KPK yang baru nanti akan dapat membentuk tim yang lebih kuat dan kompak. Pramono menambahkan, syarat utama pimpinan KPK adalah memiliki kredibilitas yang tak diragukan lagi.

Berbeda dengan Pramono, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, justru tidak mempersoalkan masa tugas pimpinan KPK. "Masa jabatan bukan substansi. Yang penting adalah kinerja KPK meningkat," ujarnya secara terpisah.

Taufik berpendapat, pimpinan KPK harus tangguh dan tahan gelombang politik, sehingga KPK betul-betul bekerja untuk rakyat. Ia pun mengimbau agar DPR duduk bersama dengan pansel KPK dalam sebuah forum komunikasi, untuk menghasilkan keputusan yang terbaik terkait pimpinan KPK yang nantinya akan dipilih. (hs)

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang
Ilustrasi proyek pembangunan.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Lebih dari 200 pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus luar negeri serta para Dewan KEIND hadir dalam silaturahmi nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024