Istri Gantikan Suami Jadi Bupati Bantul

Bupati Bantul, Idham Samawi (kanan) dan Cabup Ida Idham Samawi
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menetapkan pasangan Hj. Sri Suryawidati-Sumarno Prs., sebagai pemenang pemilihan kepada daerah setempat.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Yang menarik, Sri Suryawidati tak lain adalah istri Idham Samawi, Bupati Bantul saat ini yang telah menjabat selama dua periode. Dalam pemilihan, Sri didukung Partai Amanat Nasional, Golkar, dan Partai Karya Perjuangan Bangsa.

Pasangan nomor urut dua ini mendapat lebih dari 50 persen suara yang masuk dalam pemilihan. Pasangan yang dijuluki "Idaman" ini merajai perolehan suara di 17 kecamatan. Dua pasangan kandidat lain, Sukardiyono-Darmawan (Sukadarma) dan Kardono-Ibnu Kadarmanto (Karib) tak berkutik.

Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia

Suara terbanyak Idaman didapat di Kecamatan Sewon (36.919) dan terendah di Kecamatan Piyungan (15.667).

"Dari hasil penghitungan suara, Idaman mendapat total suara sah 330.615 (67,8 persen). Perolehan suara ini diikuti oleh Sukadarma 137.888 (28,3 persen) dan Karib sebanyak 19.374 (3,9 persen)," kata Budi Wiryawan, Ketua KPU Bantul, Kamis 27 Mei 2010.

Pilkada Bantul menarik perhatian karena sebelumnya nyaris hanya ada satu pasangan calon yakni Idaman. Gara-gara itu, pemilihan sempat terancam gagal dilaksanakan tepat waktu.

Belakangan, PDI Perjuangan yang sebelumnya mendukung Idaman kemudian memutar setir mendukung pasangan Karib. Di luar dugaan, Sukadarma belakangan masuk menjadi calon ketiga didukung koalisi Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa. (Laporan KDW, Yogyakarta | kd)

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional
Presiden Iran, Ebrahim Raisi (tengah).

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Islamabad pada hari Senin, 22 April 2024 untuk kunjungan resmi selama tiga hari. Iran dan Pakistan sedang berupaya baiki hubungan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024