"Miskinkan Koruptor dan Copot Jabatannya"

Sekjen Transparency International Indonesia (TII), Teten Masduki
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Transparansi Internasional Indonesia, Teten Masduki, menyatakan ada dua cara untuk menjerat dan menghukum para koruptor.

"Memiskinkan mereka dan jika mereka ditahan maka jabatannya harus dicopot, dia tidak boleh menduduki lagi jabatan publik," kata Teten di Jakarta, Senin 24 Mei 2010.

Teten juga mengusulkan agar ada sistem hukum untuk memberikan ruang untuk melindungi koruptor kecil dan menangkap koruptor besar. "Jadi bagaimana nantinya memberikan ruang bagi koruptor kecil untuk mau mengakui perbuatannya sehingga dapat menangkap koruptor yang lebih besar," jelasnya.

Mengenai satgas pemberantasan mafia hukum, Teten menilai, lembaga ini seharusnya dapat lebih berfungsi jika juga menggunakan tindakan politik. Selain itu, satgas juga diminta untuk lebih proaktif dalam menjerat mafia hukum.

Kata dia, tidakan satgas seharusnya tidak semata-mata tindakan hukum, tapi juga harus menggunakan tindakan politik karena satgas langsung memiliki koneksi dengan presiden. "Untuk pembersihan tidak harus menunggu masyarakat," kata dia. (umi)

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik
Duel Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Si Jalak Harupat

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024