Koalisi Partai Islam

PKB Menolak Koalisi Berbasis Agama

VIVAnews - Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa, Effendi Choirie, tak setuju dengan ide koalisi partai-partai Islam. "Saya kira sudah tak relevan melakukan koalisi berbasis agama. Dari segi historis, Islam tak bisa dipersatukan secara politis, hanya bisa secara akidah," kata Choirie yang biasa dipanggil Gus Choi itu.

Menurut PKB, aliansi seharusnya dilakukan atas dasar kesamaan platform dan visi, terutama dalam menghadapi krisis. Kalau bicara persatuan Islam, hampir semua partai-partai nasionalis juga didirikan dan dipimpin orang-orang Islam. Mayoritas penduduk Indonesia juga Islam. "Jadi pemikiran penyatuan parpol Islam benar-benar tidak relevan, terlepas dari adanya Islam Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah," kata Gus Choi dalam perbincangan dengan VIVAnews, Jumat, 12 Desember 2008.

Namun PKB menghormati imbauan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin tersebut. Perbedaan pendapat adalah wajar. Namun PKB tidak tertarik dengan usulan itu karena partai yang didirikan Abdurrahman Wahid dan kawan-kawan ini sangat terbuka dan tidak memberi batasan atas dasar agama.

Selain itu, PKB juga belum intensif membahas masalah koalisi. "Yang jelas kami sepakat untuk membangun negeri ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tapi harus dilakukan bersama-sama," kata Gus Choi.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024