Pansus Century Dongkrak Kepemirsaan Televisi

Standing applause dalam paripurna Pansus Century
Sumber :
  • Andika Wahyu/Antara

VIVAnews - Pemberitaan dan siaran langsung kasus yang menyedot perhatian publik akhir-akhir ini telah mendongkrak kepemirsaan televisi.

Kenaikan tersebut mencapai 22 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi sekitar 22 ribu orang. Selain itu, kata dia, stasiun televisi berita mendulang 65 persen lebih banyak penonton berita daripada stasiun televisi non-berita.

"Rata-rata per hari, penonton berita di stasiun televisi berita mencapai 28 ribu orang,"Communication Executive AGB Nielsen Indonesia, Andini Wijendaru, dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Jumat 17 April 2010.

Jumlah itu naik dari 17 ribu orang tahun lalu. Sementara penonton berita di stasiun televisi non-berita hanya sekitar 17 ribu orang atau turun 18 ribu tahun lalu.
 
Hal itu, kata Andini, memperlihatkan adanya kecenderungan bahwa segmen penonton berita lebih memilih stasiun televisi berita. Sebab,  beragamnya pilihan program berita untuk senantiasa memperoleh informasi terbaru seputar kasus-kasus yang sedang hangat dibicarakan.

"Di stasiun TV berita, program berita spesial atau liputan khusus memperoleh penonton berita terbanyak, yaitu mencapai 38 ribu orang," kata dia.

Andini menjelaskan, sejumlah liputan khusus yang berkontribusi terhadap tingginya kepemirsaan terhadap program liputan khusus, terutama adalah sidang Panitia Khusus (Pansus) Bank Century DPR saat pemanggilan sejumlah pejabat tinggi negara, seperti Sri Mulyani, Boediono, dan Jusuf Kalla. "Sidang Paripurna DPR atas kasus Bank Century pun turut menyumbang pemirsa," katanya.

Selain Pansus Century, yang juga mendongkrak kepemirsaan adalah sidang mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar atas dakwaan pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen, penggerebekan teroris yang menewaskan Dulmatin, serta terkuaknya soal makelar kasus (markus) pajak.

Temuan itu merupakan hasil survei kepemirsaan televisi Nielsen Audience Measurement di 10 kota besar di Indonesia pada periode Januari-Maret 2010.

Sepuluh kota yang dipilih adalah Jakarta dan sekitarnya, Surabaya dan sekitarnya, Medan, Semarang, Bandung, Makassar, Yogyakarta, Palembang, Denpasar, dan Banjarmasin, dengan total populasi televisi sebesar 49.525.104 individu usia 5 tahun ke atas.

Andini menekankan hasil survei tersebut hanya mencakup 10 kota survei tersebut dan tidak mewakili kepemirsaan televisi seluruh masyarakat di Indonesia.

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang
Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024