Jupe dan Maria Eva Demi Jalan Pintas Pilkada

Julia Perez (Jupe)
Sumber :
  • VIVAnews/Beno Junianto

VIVAnews - Setelah Julia Perez alias Jupe, artis dangdut yang pernah tersandung skandal seks Maria Eva juga sempat dipinang partai untuk meramaikan bursa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo. Fenomena itu dinilai jalan pintas partai.

"Saya juga dengar Maria Eva diminta mencalonkan diri tapi belum ada jawaban. Fenomena ini menunjukkan dua hal," kata pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi kepada VIVAnews, Senin 12 April 2010.

Setiap orang, termasuk artis memiliki punya hak untuk memilih dan dipilih. Dan itu bagian dari hak konstitusional yang dijamin undang-undang.

"Ramainya artis yang dicalonkan di posisi bupati atau walikota atau wakilnya, pertama menunjukkan elit partai sedang mengambil jalan pintas meraih kemenangan," kata dia.

Dengan memanfaatkan popularitas si artis, partai politik dinilai telah mengabaikan kaderisasi internal. "Itu jalan pintas meraih kemenangan. Artis dengan popularitas tinggi menjadi mudah menang. Tapi tidak menjamin," katanya lagi.

Kedua, kata dia, asumsi artis dapat memenangkan pilkada itu dianggap sebagai asumsi besar. Padahal, masyarakat sudah bisa memilih artis yang kompeten untuk maju ke politik.

"Seperti saat pemilu legislatif atau pilkada sebelumnya. Dari sekitar 68 artis di pemilu legislatif, hanya sekitar 18 yang lolos ke Senayan. Banyak juga yang gagal," ujarnya singkat.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5
Konversi motor BBM menjadi motor listrik.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Masyarakat pengguna kendaraan motor beroda dua yang berbahan bakar minyak (BBM) bisa melakukan konversi menjadi motor listrik secara gratis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024